logo ppid

Upaya Peningkatkan SDM di Bidang Kesekretariatan, PPI Dunia Suguhkan “Pesan Manis”

Posted By 
Asyraf Muntazhar
 On 
December 15, 2021
Sesi foto bersama peserta webinar (PPID)

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia menggelar webinar yang mengangkat tema “Pelatihan Seputar Kesekretariatan : Mandiri, Aktif, dan Dinamis (Pesan Manis 2.0)” sebagai bentuk upaya peningkatan SDM bagi seluruh anggota KSK, maupun delegasi PPI Negara dan delegasi BEM universitas di Indonesia.

Webinar ini diadakan selama 2 hari lamanya, yaitu pada tanggal 11-12 Desember 2021. Dengan menghadirkan 2 pemateri di hari pertama, yaitu Noerhaliza Putri F selaku KaBid Kesekretariatan Eksternal PPI Dunia 2021-2022 dan Fakhridho SBP Susilo, S.H., MPP selaku Dewan Pengawas PPI Dunia 2021-2022.

Pembekalan materi di hari pertama tentang “Sistematisasi Kesekretariatan PPI Dunia” mencangkup Alur Produk & Pedoman Kesekretariatan PPID 2021-2022 yang dipaparkan secara jelas dan merinci oleh Noerhaliza. ” Data Awareness” termasuk Management pengelolaan data disampaikan oleh Fakhridho.  Juga disampaikan didalamnya, mengenai aspek penting dalam keorganisasian. “Dalam lingkup PPID atau PPI Negara ada 3 aspek yang saling berkaitan, yaitu Internal, Eksternal, dan Hukum,” tegas Fakhridho.

Pada sesi selanjutnya di hari kedua, pihak panitia membuka peluang audiensi kepada pendengar yang lebih luas. Setelah hanya mengikutsertakan anggota kepengurusan PPI Dunia dan para delegasi PPI Negara pada sesi pertama, webinar sesi kedua turut mengikutsertakan peserta lainnya yang berasal dari BEM universitas se-Indonesia.

Webinar sesi kedua ini diisi oleh 3 narasumber dengan 2 materi yang berbeda. Materi pertama mengangkat tema “How to be an Effective (and attractive) Secretary” dengan pembahasan tentang berbagai hal di dunia kesekretariatan profesional. Wadir Bidang Non-Akademik, Akademik Sekretaris dan Manajemen Don Bosco, Veronica Mieke Marini, dan Head of Market Development Bursa Efek Indonesia, Nur Rachma Handayanie didapuk untuk menjadi narasumber materi pertama ini. Secara spesifik dan gamblang, kedua narasumber berpengalaman ini menerangkan berbagai poin penting berkenaan dengan tema yang diusung di webinar hari kedua ini.

Pada paparannya, kedua narasumber ini banyak membagikan ilmu dan pengalaman mereka dalam dunia kesekretariatan. Di antara poin penting yang disampaikan adalah meliputi tips dan trik menjadi sekretaris profesional, bagaimana menulis notulasi dengan cepat, manajemen pengelolaan waktu, manajemen format data, efektifitas penulisan baku berdasarkan EYD dan KBBI, dan sebagainya.

Webinar kemudian dilanjutkan dengan kuis berhadiah bagi para peserta sebelum dilanjutkan kepada pembahasan materi kedua. Materi kedua pada sesi ini mengambil tema “Pelatihan Penggunaan Vlookup untuk Pengerjaan Data Besar yang Lebih Efisien dan Efektif”. Bendahara Umum PPI Dunia 2021-2022, Khoirul Umam Hasbiy bertindak sebagai narasumber di sesi ini.

Dalam paparannya, selain menjelaskan materi pokok yang berkenaan dengan teori penggunaan vlookup dalam pengerjaan data, Khoirul Umam juga mengadakan demo penggunaan vlookup dan disimak oleh seluruh peserta webinar.

Penulis: Fina Septia, Asyraf Muntazhar (anggota sub-bidang redaktur berita kegiatan PPI Dunia)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920