PPI DUNIA



SEJARAH PPI DUNIA


Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) lahir di Konferensi International Pelajar Indonesia (KIPI) yang diadakan di kampus University of New South Wales (UNSW), Sydney, Australia pada 9 September 2007. Saat itu belum ada koordinator secara perorangan, namun cikal bakal PPI Dunia lahir dari sini.

Berbicara mengenai sejarah PPI Dunia secara umum, kita dapat membagi menjadi 3 tahap:

Tahap Perumusan
Terbentuknya Forum PPI Internasional

Temu Ilmiah Internasional Mahasiswa Indonesia (TIIMI) menghasilkan manifesto yang dikenal dengan "Tekad London 2004" dan menyepakati sebuah forum yang dikenal dengan "Tekad London 2004" dan menyepakati sebuah forum bernama "Perhimpunan Pelajar Indonesia Internasional (PPI Internasional).

Tahap Perumusan
Terbentuknya Forum PPI Internasional

Temu Ilmiah Internasional Mahasiswa Indonesia (TIIMI) menghasilkan manifesto yang dikenal dengan "Tekad London 2004" dan menyepakati sebuah forum yang dikenal dengan "Tekad London 2004" dan menyepakati sebuah forum bernama "Perhimpunan Pelajar Indonesia Internasional (PPI Internasional).

Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (KIPI)

PPI Australia mengadakan Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (KIPI) yang dibuka oleh Menpora Adiyaksa Dault dan ditutup oleh Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar dan dideklarasikan oleh 7 PPI Negara.

Forum organisasi dikukuhkan menjadi PPI se-Dunia

Forum organisasi mahasiswa Indonesia se-dunia dikukuhkan menjadi Overseas Indonesian Students' Association Alliance (OISAA) atau Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) se-Dunia.

Simposium PPI Dunia pertama

PPI Dunia membuat Simposium Internasional (SI) PPI se- Dunia di mana SI PPI Dunia Den-Haag (Belanda) adalah SI pertama yang diadakan oleh aliansi PPI se-Dunia yang juga dihadiri oleh 29 PPI negara.

Tahapan struktur organisasi/deklarasi
Simposium PPI Dunia kedua

Pelaksanaan Simposium Internasional PPI Dunia kedua dilaksanakan di KBRI London yang dilakukan oleh 7 orang pimpinan sidang dari berbagai negara perwakilan. Perwakilan tersebut sepakat menandatangani Deklarasi Aliansi Pelajar Indonesia se-Dunia. Selain itu, Febry H. J Dien dari PPI Australia terpilih menjadi Koordinator PPI Dunia pertama.

Tahapan administrasi organisasi/ad-art
Simposium PPI Dunia di Kuala Lumpur

Simposium PPI Dunia yang ketiga diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia dan menghasilkan sebuah kesepakatan untuk pembagian wilayah per kawasan karena banyaknya PPI Negara yang memiliki keterbatasan untuk hadir di simposium untuk bisa saling membantu. Selain itu, Zulham Effendi dari PPI Malaysia terpilih menjadi koordinator PPI Dunia kedua.

Simposium PPI Dunia di New Delhi
Simposium PPI Dunia di Bangkok

Diadakan Simposium Internasional di Bangkok, Thailand dan memilih Pan Mohammad Faiz dari PPI Australia sebagai koordinator PPI Dunia ketiga.

Simposium PPI Dunia di Tokyo

Diadakan Simposium Internasional di Tokyo, Jepang dan memilih Ahmad Almaududdy Amri dari PPI Australia sebagai koordinator PPI Dunia keempat.

Simposium PPI Dunia di Singapura

Diadakan Simposium Internasional di Singapura dan memilih Steven Gunthur dari Permira Rusia sebagai koordinator PPI Dunia kelima.

Simposium PPI Dunia di Kairo

Diadakan Simposium Internasional di Kairo, Mesir dan memilih Intan Irani Puspita Santi dari PPI Italia sebagai koordinator PPI Dunia keenam.

Simposium PPI Dunia di Warwick, UK

Diadakan Simposium Internasional di Warwick, United Kingdom dan memilih Pandu Utama Manggala dari PPI Jepangsebagai koordinator PPI Dunia ketujuh.

Simposium PPI Dunia di Moskow

Diadakan Simposium Internasional di Moskow, Rusia dan memilih Fadjar Mulya dari Permitha Thailand sebagai koordinator PPI Dunia kedelapan.

Simposium PPI Dunia di Johor Bahru

Diadakan Simposium Internasional di Johor Bahru, Malaysia dan memilih Fadlan Muzakki dari PPI Tiongkok sebagai koordinator PPI Dunia kesembilan.

Sidang Komisi Online PPI Dunia pertama

Diadakan Sidang Komisi Online PPI Dunia dan memilih Choirul Anam dari PPI Ceko sebagai koordinator PPI Dunia kesepuluh.