logo ppid

SK Timtengka 2022 Bahas Geopolitik Timur Tengah dan Posisi Indonesia dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia

Posted By 
Asyraf Muntazhar
 On 
May 24, 2022

Dalam Rangka mewujudkan perdamaian dunia serta meningkatan ekonomi Indonesia, Simposium Kawasan Timur Tengah dan Afrika 2022 kembali melanjutkan acaranya, yaitu sesi panel III (Geopolitik dan Ekonomi) yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada selasa (17/05) pukul 13.00 WIB.

Dengan dihadiri oleh delegasi dari 18 PPI Negara  Kawasan Timur Tengah dan Afrika serta delegasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Indonesia. Acara ini juga turut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Tunisia, yaitu KH. Zuhairi Misrawi L.c MSc., dan pemateri lain yang berkompeten dibidangnya.

Pada sesi panel kali ini, membahas tentang Geopolitik dan Ekonomi dengan subtema “Peta Baru Geopolitik Timur Tengah dan Posisi Indonesia dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia serta Peningkatan Ekonomi Indonesia”

 Dipandu oleh Rahmat Bimasatria Lesmana, selaku MC. Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars PPI dunia. Dilanjutkan dengan penyampaian pantikan diskusi oleh Duta Besar RI untuk Tunisia sebagai keynote speaker, yaitu KH. Zuhairi misrawi Lc. MSc.

Beliau menyampaikan bahwa tema ini sangatlah penting bagi mahasiswa Timur Tengah khususnya, serta keterlibatan kita yang harus cermat terhadap perubahan besar yang terjadi dan bagaimana negara-negara besar bermain. Hal ini tentunya dalam konteks mendukung peran Indonesia di Timur Tengah.

“Kita harus memahami karakter dari setiap negara, karena setiap negara mempunyai kepentingan masing-masing terkait dengan negaranya sendiri” tegas KH. Zuhairi misrawi Lc. MSc.

Pada sesi penyampain materi yang dimoderatori oleh Atalana Fadhilatun Ni’mah, Bagus Hendraning Kobarsyih menyampaikan tentang situasi politik dan keamanan Di Timur Tengah. Juga disampaikan beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

“Banyak faktor yang mempengaruhi politik dan keamanan di Timur Tengah, seperti konflik dan disabilitas yang terjadi dalam berbagai bentuk: Sektaranisme, Perkembangan Radikal dan Persaingan Geopolitik, Proses dan Tranformasi Politik yang belum tuntas. Dua variabel penting dalam kajian Timur Tengah ini adalah Palestina dan Israel. yang menjadi fokus tujuan di Timur Tengah, dan banyak Negara-negara Arab dan Timur Tengah yang melakukan kerja sama dengan Israel, Mereka beranggapan bahwa Israel sekarang tidak berbahaya.” Ujar Bagus Hendraning Kobarsyih, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Timur Tengah Kementrian Luar Negeri RI.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Hanief Saha Ghafur, M.A selaku Ketua Program Doktor Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (UI). Dalam penjelasannya, dikatakan bahwa pemetaan terhadap posisi ideologis, serta temperamen kekuatannya sangat ideologis Oriented. Maka, berinteraksi dengan orang Arab dan Timur Tengah itu perlu memahami pemetaan terhadap posisi Ideologis.

“Aliran politik Timur Tengah cenderung kepada Sosialisme. Walaupun tidak marsis, tetapi memang Orientasi Ideologisnya Blok Timur, dan posisi ditentukan oleh pemahaman dan pemetaan terhadap ideologi politik yang sangat kuat, dan posisi politik Di Timur Tengah itu sangat penting. Apakah itu bedasarkan agama, ataupun yang lainny. Terkadang tidak semua Di Timur Tengah itu berdasarkan Agama.” Ujar Dr. Hanief Saha Ghafur, MA.

 Dan selanjutnya pemaparan dari, Dr. Hendri Tanjung mengenai Ekonomi Syariat. Disini beliau menegaskan perihal larangan Riba, Banyak Dalil yang melarang segala hal yang berkaitamn dengan Riba. Beliau juga mempertegas penjelasannya dengan perkataam seorang Filsuf terkenal Yunani, Aristoteles. Yang menyatakan Bahwa riba sangat tidak rasional.

“Umat muslim di Dunia sangat diuntungkan dengan adanya Zakat, yang mana Zakat Merupakan Satu-satunya pungutan yang ada dalam Agama Islam. Sedangkan pada masa Romawi, Terdapat 13 Pungutan” ujar Dr. Hendri tanjung, selaku Anggota Badan Wakaf Indonesia.

Menambahi penyampaiannya, beliau berpesan mengenai Investasi yang sesuai dengan syariat. Pada akhir acara, panitia mengadakan nonton bareng Short Movie “Empat+Satu”, dan seluruh rangkaian kegiatan simposium akan terus berlangsung hingga seles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920