logo ppid

Ribuan Warga Muslim Indonesia, Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Osaka

Posted By 
Asyraf Muntazhar
 On 
July 11, 2022
Suasana Salat Idul Adha muslim Indonesia dan dari berbagai negara di Masjid Istiqlal Osaka.
*sumber: Live Streaming Facebook Masjid Istiqlal Osaka
https://www.facebook.com/MasjidIstiqlalOsaka/videos/3268419190070995

Osaka - Umat muslim di negara asal para samurai ini masih menjadi minoritas, kendatipun demikian lebih kurang 2000 warga muslim Indonesia dan dari berbagai negara lainnya dengan penuh hikmat bisa melaksanakan Salat Idul Adha, pada hari Minggu (10/07/2022) bertempat di Masjid Istiqlal Osaka yang dikelola oleh warga Indonesia di Jepang.

Meskipun cuaca panas di tanah sakura ini, warga muslim berbondong-bondong mendatangi masjid yang baru dapat digunakan kurang lebih 6 bulan yang lalu.

Penetapan waktu pelaksanaan Idul Adha 1443 H di Jepang yaitu pada tanggal 10 Juli 2022 berdasarkan keputusan sidang Isbat yang telah dilakukan seminggu sebelumnya, kegiatan ini diikuti kurang lebih 2000 ribu orang muslim yang didominasi oleh warga Indoensia, serta beberapa negara lainnya yaitu Bangladesh, Pakistan, dan Sri Langka. Kegiatan ini di dukung oleh panitia yang terdiri dari berbagai kalangan panitia masjid, dan turut mengundang ITPC Osaka (Indonesian Trade Promotion Center) serta Konsulat Jendral Republik Indonesia di Osaka (KJRI Osaka).

Masjid Istiqlal Osaka ini baru saja berdiri di Osaka Jepang, dan merupakan masjid pertama yang dikelola oleh warga Indonesia di Jepang. Berdirinya masjid tersebut/ini adalah wujud dari impian dan harapan Muslim Indonesia yang tinggal di Jepang. Adapun di Masjid Istiqlal Osaka ini berlokasi di tengah kota sehingga memudahkan bagi muslim Indonesia dan dari berbagai negara lainnya ketika berkunjung ke osaka.

Masjid Istiqlal Osaka atau yang sering dikenal dengan MIO ini merupakan masjid pertama yang dikelola langsung oleh warga Indonesia di Jepang. Tempatnya yang strategis membuat warga muslim kini mudah menemukan tempat untuk beribadah yang nyaman dan aman. Harapan yang diungkapkan oleh ketua yayasan Masjid istiqlal Osaka, Ustadz Herizal Adhardi, “Masjid ini dapat menjadi perekat umat dan kemudian asbab hidayah untuk seluruh masyarakat Jepang ini khususnya. Serta menjadi tempat berkumpulnya warga muslim Indonesia khususnya. Sejauh ini, warga Indonesia menyewa tempat untuk kegiatan beribadah seperti salat idul fitri, idul adha, bahkan salat jumat. Selain itu, kedepannya MIO akan mendirikan MIO Academy, madrasah untuk anak-anak, dan juga kini sedang diracancang untuk membuat media informasi sendiri yang bernama MIO Official yang disiarkan dalam televisi serta Youtube, kemudian membuat kegiatan seperti Islamic Center, dan Mualaf Centera. Kami memohon dukungannya serta doa dari seluruh umat islam di seluruh dunia untuk kelancaran pembangun masjid ini kedepannya,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920