logo ppid

PPI Maroko Menggelar SEAS Games X 2022, Dibuka oleh Duta Besar Hasrul Azwar

Posted By 
Asyraf Muntazhar
 On 
August 12, 2022
Duta Besar Thailand untuk Maroko didampingi Duta Besar RI dan KU Kedubes Brunei Darussalam saat memukul gong membuka acara SEAS GAMES X 2022 (Sumber: Panitia)

Rabat - Pada hari Senin (8/8) lalu, PPI Maroko telah berhasil melaksanakan acara pembukaan pekan olahraga mahasiswa Asia Tenggara di Maroko bertajuk South East Asian Student Games (SEAS Games) edisi ke-10, bertepatan dengan peringatan berdirinya ASEAN yang ke-55 tahun. SEAS Games ini merupakan agenda dwi-tahunan yang dilaksanakan dan diikuti oleh para mahasiswa dan pelajar yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara di Maroko. Kendati demikian, sejak awal diadakannya hingga edisi terbaru pada tahun ini, SEAS Games selalu hanya mengikutsertakan 3 (tiga) negara ASEAN saja, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

SEAS Games X tahun 2022 ini dijadwalkan akan akan terlaksana selama satu pekan penuh pada tanggal 8-15 Agustus 2022, dan bertempat di Complexe Sportif Amal, Al-Manal, Rabat, Maroko. Dengan mengusung slogan “Comeback Together, Comeback Stronger” yang sangat berkaitan erat dengan kondisi dunia saat ini yang sedang berusaha bangkit dari keterpurukan dunia pasca pandemi covid-19, PPI Maroko berharap, melalui acara ini semangat para pelajar dan mahasiswa ASEAN di Maroko akan kembali dan terus terpupuk. Acara ini pun sejatinya dilaksanakan pada tahun 2021 lalu, setelah pada edisi sebelumnya telah sukses dihelat pada tahun 2019 dengan Thailand yang bertindak sebagai tuan rumah.

SEAS Games X 2022 kali ini akan mempertandingkan 5 cabang olahraga untuk putra, yaitu futsal, bola voli, sepak takraw, badminton, dan tenis meja. Sedangkan untuk putri hanya mempertandingkan 3 cabang olahraga saja, yaitu bola voli, badminton, dan tenis meja. Selain itu, ada agenda khusus yang dipersiapkan panitia pada SEAS Games edisi kali ini, dengan dihelatnya laga eksibisi 2 permainan daring via smartphone, Mobile Legends Bang Bang dan E-Football 2022.

Pada sambutannya yang berbahasa inggris, M. Nabil Awhaddani sebagai ketua OC SEAS Games X 2022 menyampaikan, bahwa SEAS Games ini sejak awal dilaksanakannya adalah untuk memupuk silaturahmi dan persaudaraan antar pelajar ASEAN di Maroko. “Kami berharap, pada edisi selanjutnya SEAS Games akan turut mengikutsertakan para pelajar dari negara ASEAN lainnya, seperti Laos, Vietnam, Brunei Darussalam, dan lain-lain.” Jelasnya.

Nabil turut menutup sambutannya dengan pesan yang meningkatkan semangat juang para peserta, "Selamat datang di SEAS Games X 2022, selamat berkompetisi, berkompetisilah dengan sportif. Karena kemenangan yang tidak dibarengi dengan nilai sportivitas adalah kemenangan yang tidak hakiki”.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Kerajaan Maroko, Drs. H. Hasrul Azwar, M.M. turut hadir dan memberikan sambutan pada acara pembukaan SEAS Games X ini, sekaligus membuka acara secara resmi pada akhir sambutannya. Dubes Hasrul sangat bergembira dan berbangga atas terlaksananya acara yang menurutnya, memberikan nilai-nilai positif bagi generasi mendatang dunia, khususnya dari ASEAN.

“Nantinya akan ada nilai-nilai yang kalian dapatkan dari event ini yang tidak akan kalian dapatkan selama proses studi kalian di perkuliahan. Nilai tersebut adalah nilai sportifitas, teamwork (kerja sama tim), dan nilai silaturahmi. Nilai-nilai inilah yang akan bermanfaat saat waktu kalian kembali ke tanah air masing-masing tiba.” Jelas Dubes Hasrul Azwar dalam sambutannya.

“Kalah dan menang dalam sebuah pertandingan bukanlah persoalan yang paling utama. Namun dalam agenda olahraga seperti SEAS Games ke-10 ini, nilai sportivitaslah yang harus lebih dikedepankan, tentunya sejalan dengan nilai teamwork dan nilai semangat juang tinggi yang tetap harus dipatrikan dalam jiwa masing-masing.” Lanjutnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong sebanyak 10 (sepuluh) pukulan, yang dipimpin oleh Duta Besar Thailand Nonthawat Chandrtri sebagai pejabat presidensi Negara-negara ASEAN di Maroko, didampingi oleh Duta Besar RI Hasrul Azwar, dan CDA Kedutaan Brunei Darussalam untuk Kerajaan Maroko, Nur Hafizah Al-Islam binti Awang Mahani, dan perwakilan Kedutaan Malaysia untuk Kerajaan Maroko, yang menandakan secara resmi dibukanya SEAS Games yang pada edisi kali ini telah memasuki edisinya yang ke-10.

Foto bersama para Duta Besar dan Perwakilan Mahasiswa ASEAN di Maroko (Sumber: Panitia)

Setelah acara dibuka, agenda pembukaan dilanjutkan dengan penampilan-penampilan yang diisi oleh para anggota PPI Maroko. Pada kesempatan kali ini, PPI Maroko menampilkan beberapa penampilan seni, yaitu Tari Kecak Bali, Tari Saman Gayo, Angklung, Pencak Silat, Band, dan tarian flashmob oleh seluruh penampil tepat pada penghujung acara.

Pada persiapan dan pelaksanaanya, SEAS Games X 2022 ini mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak, diantaranya adalah KBRI Rabat, Kantor Atase Pertahanan RI Madrid, Indomie Maroko, dan berbagai pihak perseorangan lain yang telah mendukung pelaksanaan acara secara material dan moril.

Seluruh informasi terkait rangkaian acara SEAS Games X 2022 ini dapat diakses melalui akun Instagram @seasgames. Siaran langsung dan siaran ulang acara ini juga dapat disaksikan melalui akun instagram yang sama.

Asyraf Muntazhar, Lc. (Humas SEAS Games X 2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920