logo ppid

PPI Istanbul Mengadakan "Endonezya Gunu", Bekerjasama dengan Turk Youth Foundation

Posted By 
Asyraf Muntazhar
 On 
December 23, 2021

Istanbul, Minggu 19 Desember 2021. Untuk pertama kalinya seluruh pelajar maupun mahasiswa Indonesia yang terhimpun dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia Istanbul (PPI Istanbul) bekerja sama dengan Turk Youth Foundatioan (Yayasan Kepemudaaan Turki) sukses menyelenggarakan sebuah pentas budaya Indonesia yang di beri nama “Endonezya Gunu” (Hari Indoensia) dengan tema “The Wonderful Indonesia”.

Kegiatan ini diinisiasi oleh para pelajar maupun mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh Pendidikan di Istanbul, Turki. Adapaun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat International khususnya masyarakat Turki itu sendiri. Mengingat sedikitnya masyarakat Turki yang tahu tentang budaya Indonesia, para pelajar ini terdorong untuk menyelenggarakan “Endonezya Gunu” demi untuk mengenalkan budaya mereka kepada masyarakat luar.

Selain dari itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempererat hubungan sosiokultural antar kedua Negara Indonesia dan Turki. Indonesia dan Turki merupakan dua Negara yang termasuk kedalam anggota G20 dan D8. Oleh karenanya hubungan sosiokultural antar kedua Negara tersebut perlu di pererat. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bagas (Ketua PPI Istanbul 2020/2021) ketika memberi sambutan pada acara tersebut.

“Kegiatan ini kita selenggarakan sebagai bentuk terimakasih kita kepada TUGVA yang telah banyak berkontribusi terhadap program-program kita. Selain dari itu juga bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia, dan untuk mempererat hubungan sosiokultural Indonesia Turki sebagai 2 Negara anggota G20 dan D8 juga sebagai 2 Negara muslim terbesar di Dunia”. Ucap Bagas.

Acara yang dihadiri oleh 150 orang lebih partisipan baik Indonesia, Turki maupun partisipan internasional lainnya dinilai sangat sukses meskipun kegiatan tersebut dipersiapkan hanya dalam waktu 1 minggu.  Namun tetap berjalan dengan baik dan dapat memukau seluruh peserta yang hadir.

Pada acara tersebut mahasiswa Indonesia mempersembahkan beberapa penampilan seperti persentasi tentang Indonesia, tari saman, penampilan musik dan penampilan silat yang menambah kekaguman para peserta terlebih masyarakat Turki yang pertama kali dapat menyaksikan penampilan tersebut. Pada acara tersebut juga, selain menunjukkan budaya Indonesia, para pelajar/mahasiswa Indonesia menyajikan makanan khas Indonesia kepada para seluruh peserta.

Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor pusat TUGVA, Istanbul tersebut juga, dihadiri oleh Koordinator Asia TUGVA Taha Fehmi. Ia menyampaikan terimakasih kepada para pelajar Indonesia atas terselenggaranyan kegiatan tersebut. Ia juga menyampaikan bahwa pintu TUGVA selalu terbuka untuk teman-teman Indonesia.

“Saya berterimakasih banyak kepada teman-teman Indoensia. Pintu kita selalu terbuka untuk kalian. Kita bersaudara karena Islam. Maka kita akan selalu ada untuk kalian”. Ucap Taha.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh wakil ketua umum TUGVA (Turk Youth Foundation) Esra KARABAL ARDA. Selaku wakil ketua umum TUGVA Esra menyampaikan kegembiraanya pada acara tersebut dan juga berterimakasih kepada seluruh pelajar Indonesia Ketika memberi saambutan.

“Saya sangat berterimakasih kepada seluruh pelajar Indonesia. Kalian datang kesini bukan hanya sebagai turis tapi sebagai pelajar yang juga mempelajari budaya kita. saya berharap dalam waktu dekat ini dapat mengunjugi Indonesia ditemani oleh kalian. Sebagai bentuk terimakasih kita, kita selalu ada untuk teman-teman Indonesia dan pintu kita selalu terbuka untuk kalian”. Kata Esra.

“Saya juga berharap kedapannya, TUGVA dapat terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan lainnya Bersama para pelajar/mahasiswa Indonesia sebagai langkah awal kita untuk saling bertukar informasi dan budaya antara Turki dan Indonesia Karena saya melihat potensi yang besar antara Indonesia dan Turki sebagai 2 Negara muslim Terbesar di Dunia”. Tambah Esra.

Acara yang dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan kedua Negara Indonesia dan Turki tersebut sukses diselenggrakan dan diakhiri dengan pemberian cendramata dari PPI Istanbul yang diwakili oleh Bagas (ketua PPI Istanbul 2020/2021) kepada Esra KARABAL ARDA (wakil ketua umum TUGVA).

Acara yang meriah tersebut dilanjut ramah tamah dengan jamuan makanan Indonesia yang dibuat oleh tangan para pelajar/mahasiswa itu sendiri. Untuk memerpesembahkan citra rasa Indonesia kepada masyarakat Turki. Tentunya program tersebut juga didukung oleh para donatur dermawan yang memiiliki visi yang sama dengan para pelajar/mahasiswa yaitu mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920