logo ppid

PPI Dunia adakan Pelatihan Standart Operasional Prosedur (SOP) secara Virtual

Posted By 
PPI Dunia
 On 
December 23, 2022
Koordinator PPID menyerahkan sertifikat kepada Fedo Rizviyatmaha Sarian sebagai pemateri dalam acara Pelatihan SOP

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) melalui Bidang Satuan Pengendalian Internal Biro Satuan Pengendalian Internal dan Hukum Kelembagaan mengadakan Pelatihan Standart Operasional Prosedur (SOP) secara virtual melalui platform zoom meeting pada Sabtu (17/12/2022).

Pelatihan tersebut memberikan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang penjelasan definisi dan fungsi serta manfaat dari SOP hingga manajemen kualitas ketentuan SOP

Narasumber pada acara tersebut adalah Fedo Rizviyatmaja Sarian dari VP Corporate Center Policy & Prosedure Bank Mandiri.

Sekretaris Jendral PPI Dunia, Zafran Akhmadery Arif dalam sambutannya di awal acara mengapresiasi acara tersebut dan menuturkan bahwa SOP akan menjadi bekal penting dalam menjalankan organisasi.

Achyar Al Rasyid, Koordinator PPI Dunia juga dalam sambutannya menyampaikan bahwa SOP yang baik tidak mempersulit jalannya organisasi, namun malah mempermudah jalannya suatu organisasi.

Dalam pelatihan tersebut, narasumber memaparkan materi yang rinci dan menarik .

“Beberapa fungsi dan manfaat SOP adalah keterbukaan informasi, konsistensi, penyesuaian jadwal, mereduksi kegagalan, kepatuhan terhadap hukum, dan juga sebagai standart pelatihan dan komitmen bersama.” Terang Fedo dalam materinya

Ia menambahkan bahwa secara garis besar di dalam SOP sendiri ada beberapa hal yang menjadi standart kaku, sifatnya wajib. Namun menurutnya untuk penerapannya ada beberapa hal yang bisa disesuaikan oleh pelaksananya.

Dalam pelatihan tersebut, Bidang Satuan Pengendalian Internal melakukan konsultasi secara langsung terkait SOP PPI Dunia yang sudah ada. Menurut Fedo, SOP PPI Dunia sudah memenuhi standar baku pembuatan SOP itu sendiri.

Acara yang berlangsung selama 2 jam tersebut dihadiri oleh 44 Peserta secara daring termasuk diantaranya Koordinator PPI Dunia Achyar Al Rasyid, Sekjen PPI Dunia Zafran Akhmadery Arif, Tim Kesekretariatan PPI Dunia dan penanggungjawab SOP setiap bidang di lingkungan PPI Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920