logo ppid

POLICY BRIEF - Terawang Kebijakan Luar Negeri Indonesia Beyond 2024

Posted By 
Radityo Pangestu
 On 
August 8, 2022
PB-2022-NO-3_Revisi-HI

Naskah lengkap dapat juga diunduh disini.

Silakan kutip karya ini sebagai:

Jati I & Naqsabandiyah AH. Policy Brief: Terawang Kebijakan Luar Negeri Indonesia Beyond 2024. No. 3. 2022. htpps://ppi.id/policy-brief-terawang-kebijakan-luar-negeri-indonesia-beyond-2024

PENULIS
  • Irawan Jati, Ketua Komisi Hubungan Internasional PPI Dunia, The University of Queensland, Australia
  • Ayu Heryati Naqsabandiyah, Anggota Komisi Hubungan Internasional PPI Dunia, National Chengchi University, Taiwan
RINGKASAN

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri telah menetapkan Rencana Strategis 2020-2024 yang menjabarkan target prioritas hubungan internasional serta strategi pemerintah untuk menyelesaikan berbagai isu lintas negara yang juga berdampak bagi Indonesia. Oleh karena itu, Risalah Kebijakan ini berupaya mengidentifikasi serta mengevaluasi tantangan eksternal dan tantangan internal yang dihadapi oleh pemerintah sekaligus peluang dan kekuatan Indonesia dalam upaya mencapai target yang sudah ditetapkan. Rekomendasi kebijakan yang diusulkan dalam risalah ini diharapkan dapat semakin meningkatkan performa Indonesia di dunia global dan memaksimalkan keuntungan yang diperoleh negara dalam pelaksanaan hubungan internasional.

REKOMENDASI

Dari pemaparan pada policy brief ini, Komisi Hubungan Internasional PPI Dunia menyimpulkan beberapa rekomendasi yang dapat menjadi masukan bagi formulasi kebijakan luar negeri Indonesia ke depan.

  1. Memastikan democratic based decision-making yang melibatkan berbagai aktor terutama komunitas epistemik didalam prosesnya.
  2. Prioritas high power diplomacy dan public diplomacy untuk meningkatkan status & citra Indonesia sebagai middle power terutama di kawasan Indo-Pasifik.
  3. Mensosialisasikan kebijakan luar negeri Indonesia melalui penerbitan buku putih diplomasi.
  4. Mendorong mekanisme regional penanganan forced migrant atau pengungsi untuk melengkapi mekanisme Bali Process.
  5. Memaksimalkan keanggotaan Indonesia di G20 untuk berkontribusi pada penyelesaian masalah global, terutama dengan mendorong penguatan kerjasama internasional dan implementasi green recovey pasca pandemi COVID-19.
  6. Memperkuat infrastruktur diplomasi digital yang handal.
  7. Meningkatkan kapabilitas para diplomat Indonesia agar dapat memaksimalkan peluang serta kekuatan yang dimiliki Indonesia untuk mencapai berbagai target prioritas kebijakan luar negeri.
  8. Meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar Kementerian dan Lembaga Negara agar dapat mensinkronisasi berbagai kebijakan dan program kementerian dengan upaya Kementerian Luar Negeri.

Direktorat Penelitian dan Kajian PPI Dunia

© 2022 Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920