logo ppid

POLICY BRIEF - Mahasiswa Baru Indonesia Di Mesir Terlalu Membludak. Bagaimana Pemerintah Perlu Mengatasinya?

Posted By 
Radityo Pangestu
 On 
August 8, 2022
PB-2022-NO-5-TIMTENG

Naskah lengkap dapat juga diunduh disini.

Silakan kutip karya ini sebagai:

Azis IK. Policy Brief: Mahasiswa Baru Indonesia Di Mesir Terlalu Membludak. Bagaimana Pemerintah Perlu Mengatasinya? No. 5. 2022. htpps://ppi.id/policy-brief-mahasiswa-indonesia-di-mesir-membludak

PENULIS
  • Ibnu Khajar Azis, Wakil Ketua Komisi Kajian Timur Tengah PPI Dunia, Universitas Al-Azhar, Mesir
PENYUNTING
  • Radityo Pangestu, Wakil Direktur Penelitian dan Kajian PPI Dunia, Kobe University, Jepang
RINGKASAN

Fenomena membludaknya mahasiswa Indonesia di Mesir selain mendatangkan kemaslahatan juga mendatangkan polemik-polemik yang lebih kompleks lagi dari sebelumnya. Polemik yang terjadi saat ini bukan hanya sekadar masalah antara mahasiswa dengan mahasiswa lainnya, tapi juga menyentuh aspek administrasi, keamanan, maupun hubungan sosial antara warga lokal dan mahasiswa Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, PPI Dunia serta PPMI mesir telah merumuskan masalah-masalah yang terjadi serta merekomendasikan terkait masalah tersebut dari berbagai perspektif yang merujuk kepada satu kesimpulan bahwa perlunya pembatasan calon mahasiswa baru (camaba) Al-Azhar dan rekonstruksi ulang tupoksi dari lembaga-lembaga terkait pengiriman camaba ke Al-Azhar. Perlu disadari bahwa kita juga berharap banyak putra-putri tanah air yang mempelajari Islam dengan manhaj Al-Azhar, akan tetapi para camaba sebaiknya melalui standarisasi kualitas di seleksi penerimaan. Memberangkatkan banyak camaba dari Indonesia adalah hal yang mudah dibanding mengurus banyak mahasiswa di Mesir. Amanat mengurus para mahasiswa selanjutnya ada di pundak Kekeluargaan, PPMI Mesir dan KBRI Kairo.

REKOMENDASI

Oleh karena urgennya masalah pembludakan jumlah masisir ini, terdapat beberapa poin yang dapat dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan OIAA:

  1. Menyelenggarakan seleksi camaba Al-Azhar asal Indonesia ke Mesir yang berbasis kompetensi melalui satu pintu yang dilaksanakan oleh Kemenag.
  2. Menekan jumlah keberangkatan camaba Al-Azhar asal Indonesia yang ke Mesir dan menetapkan jumlahnya. Pertimbangan ini hasil dari berikut permasalahan yang ada: (1) Menurut buku diktat kuliah Kriminologi program studi Syariah Wal Qanun yang ditulis oleh Prof. Dr. Toha Sayyid Ahmad Rusydi (Ketua Program Studi Common Law atau قانون العام, menyatakan bahwa faktor dari kriminal salah satunya berasal dari permasalahan Clash Of Civilization Theory atau نظرية تصارع الثقافات adalah pertentangan nilai-nilai dan adat yang mendominasi suatu penduduk, yang mana teori ini menyatakan benturan peradaban dapat didasari dari kedatangannya suatu kelompok kepada suatu daerah secara besar-besaran yang membawa nilai-nilai dan adat yang berbeda dari penduduk setempat dan dapat berpotensi terjadinya kriminal yang dilakukan baik penduduk setempat maupun penduduk pendatang (masisir); (2) Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amany Lubis, menilai pembatasan ini sebagai langkah tepat. Menurutnya, jumlah camaba perlu dibatasi, untuk menjamin kualitas mereka yang akan kuliah di luar negeri sehingga mereka diharapkan dapat lulus tepat waktu dan berprestasi.
  3. Perlunya kesinambungan antara pemerintah dan PPMI Mesir untuk mengajak seluruh lembaga kajian dan media dalam lingkup masisir agar turut serta menganalisa secara kontinu persoalan keberangkatan camaba dan efektivitasnya. Persoalan-persoalan tersebut di antaranya: (a) rekonstruksi tupoksi Pusiba; serta (b) standarisasi proses seleksi camaba dan kualitas kuliah masisir.
ACKNOWLEDGEMENT

Ucapan terima kasih kepada PPMI Mesir dan Wawasan Mesir yang juga terlibat dalam proses penyediaan data, pelaksanaan kajian dan penyusunan berbagai gagasan-gagasan yang ada di dalam policy brief ini.

Direktorat Penelitian dan Kajian PPI Dunia

© 2022 Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920