logo ppid

Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia Gelar Kongres ke-20

Posted By 
Asyraf Muntazhar
 On 
November 16, 2021
Ketua Permira Pusat 2020/2021, Teguh Imanullah secara simbolis melakukan serah terima jabatan kepada Muhammad Zidni Ilman Noor ebagai Ketua Permira Pusat 2021/2022.

Selasa (16/11) Pada tanggal 13 November 2021 di Saint Petersburg, Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) menggelar Kongres Permira XX 2021 dengan mengangkat tema, “Reaktualisasi Peran Generasi Muda Dalam Konsolidasi Kesadaran Energi, Pendidikan, dan Ekonomi Indonesia – Rusia Pasca Pandemi COVID-19". Kegiatan kongres tahun ini dilaksanakan di kota Saint Petersburg dan dihadiri oleh para delegasi Permira Perwakilan, Dewan Perwakilan Anggota (DPA), Pengurus Permira Pusat dan Perwakilan KBRI Moskow.

Adapun agenda Kongres Permira tahun ini adalah:

1. Pemaparan hasil kajian Permira Pusat di bidang pendidikan, ekonomi, dan energi.

2. Pemaparan laporan pertanggungjawaban Permira Pusat dan Dewan Perwakilan Anggota (DPA) 2020/2021.

3. Penetapan Garis Besar Program Kerja Permira (GBPK Permira) tahun 2021-2024.

4. Pemilihan dan pelantikan anggota DPA 2021/2022.

5. Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Permira Pusat 2021/2022.

Kegiatan kongres dibuka dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ bersama, penampilan pembacaan puisi, dan sambutan-sambutan. Turut hadir pula untuk memberi sambutan Atase Pendidikan KBRI Moskow, Adi Nuryanto. Beliau menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap kepengurusan Permira Pusat 2020/2021 dan harapan-harapan terhadap kepengurusan Permira Pusat selanjutnya terutama dalam bersinergi dengan KBRI Moskow untuk memaksimalkan fungsi pelayanan kepada para mahasiswa Indonesia di Rusia.

Setelah pembukaan berlangsung, acara disambung dengan pemaparan hasil kajian strategis oleh Departemen Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Permira Pusat 2020/2021 di bidang pendidikan, ekonomi, dan energi. Kajian yang dibahas adalah:

1. Education system in Russia.

2. Comparative study of start-up policy between Russia and Indonesia.

3. Perkembangan reaktor nuklir Indonesia dan reaktor VVER-1100 Rusia sebagai metode perbandingan dan permanfaatan energi nuklir sebagai energi baru dan terbarukan (EBT).

Hasil dari tiap kajian tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para mahasiswa Indonesia di Rusia untuk menjadi agen-agen perubahan khususnya dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan energi yang memainkan peran vital terhadap perkembangan bangsa. Misalnya dalam hal energi, kita mengetahui bahwa Rusia saat ini telah mengoperasikan 38 reaktor nuklir yang menjadi penyokong dari 20,7% produksi energi listrik nasional. Sementara itu, di Indonesia sendiri masih terdapat persepsi bahwa nuklir bukanlah pilihan sumber energi yang tepat, padahal selain nuklir menghasilkan emisi karbon paling rendah dibandingkan dengan batu bara, minyak bumi, dan gas, Indonesia juga memiliki cadangan uranium dan thorium berlimpah yang menjadikan nuklir sebagai potensi energi baru dan terbarukan (EBT) yang tepat bagi Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting sekali peran dari para mahasiswa untuk menginisiasi perubahan-perubahan persepsi tersebut.

Nantinya, hasil kajian yang dikemas dalam bentuk special report dan policy brief tersebut akan diteruskan kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui KBRI Moskow sebagai acuan dalam pembuatan kebijakan strategis Indonesia di bidang pendidikan, ekonomi, dan energi kedepannya.

Kegiatan kongres dilanjutkan dengan sidang internal untuk membahas laporan pertanggungjawaban kepengurusan Permira Pusat dan Dewan Perwakilan Anggota (DPA) 2020/2021. Setelah diadakannya diskusi cukup panjang, para delegasi Permira Perwakilan sepakat untuk menerima dan menyetujui laporan pertanggungjawaban kinerja selama 1 periode kepengurusan tersebut.

Dalam kongres kali ini, untuk pertama kalinya dilakukan penetapan Garis Besar Program Kerja Permira (GBPK Permira) yang sebelumnya telah dibahas dan disetujui bersama dengan 15 Permira Perwakilan. GBPK Permira ini nantinya memiliki peran strategis dalam pengembangan organisasi Permira yang lebih terpadu, sinergis, dan berkelanjutan sehingga kepengurusan antara satu periode ke periode selanjutnya berjalan sesuai dengan tujuan organisasi.

Kegiatan Kongres Permira XX diakhiri dengan pemilihan Dewan Perwakilan Anggota (DPA) 2021/2022 dan pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Permira Pusat 2021/2022 terpilih berdasarkan hasil Pemilihan Raya 2021. Ketua Permira Pusat 2020/2021, Teguh Imanullah secara simbolis melakukan serah terima jabatan kepada Muhammad Zidni Ilman Noor dan Fath Ausi Aldikamil Ibrahim sebagai Ketua dan Wakil Ketua Permira Pusat 2021/2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920