Meriahnya Pekan Ilmiah dan Olahraga (PEKILO) 2018 di Madinah

Published by editor_jaeni on

Ujian Semester baru saja dilewati oleh para mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Ditemani oleh suhu musim dingin, untuk me-refresh kepenatan selama ujian, PPMI Madinah periode 2017/2018 mengadakan hajat tahunan bertajub ‘Pekan Ilmiah dan Olahraga’ (PEKILO) yang dimotori teknis pelaksanaannya oleh angkatan keberangkatan 2017.

Sambutan Wakil Ketua PPMI Madinah, Sdr. Aslam Umar Bamajbur, pada Upacara Pembukaan Pekan Kegiatan Ilmiah dan Olahraga – Mahasiswa Indonesia Universitas Islam Madinah tahun 2018

“Masa liburan pertengahan semester yang cukup panjang, dan minimnya kegiatan yang diadakan kampus untuk mengisi masa itu”, demikian kata salah satu panitia, Abdullah Muhammad Nugroho, merupakan latar belakang rangkaian perlombaan yang dimeriahkan oleh 800 mahasiswa Indonesia yang berada di Madinah.

Tidak tanggung-tanggung, perlombaan yang mengusung tema “Junjung Sportivitas, Galang Solidaritas, Tingkatkan Kreativitas” mengadakan 18 cabang kompetisi yang dilombakan selama sepekan sejak Jum’at 12 Januari sampai Jum’at 19 Januari 2018 ini. Diantaranya, kompetisi ilmiah; Musabaqah Al Qur’an, Mutun Ilmiyah, Cerdas Cermat, Fotografi, dan Khitobah. Kemudian perlombaan olahraga meliputi; Pingpong, Basket, Sepak Bola, Slow-Bike, Takraw, Voli, Badminton, Sepak Takraw, Tarik Tambang hingga memasak.

Foto Bersama Peserta Pekan Kegiatan Ilmiah dan Olahraga – Mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah tahun 2018 bersama Pelaksana Fungsi Pensosbud 1 KJRI Jeddah, Bapak Muhammad Sukarno Suwiryo

Uniknya, dalam rangkaian kompetisi yang diketuai oleh Muhammad Azzam Mukarram ini, mahasiswa Indonesia dikelompokkan sesuai daerah asal, sehingga selain meningkatkan semangat kompetisi, pengelompokan ini juga sangat menunjang semangat persaudaraan.

“Konjen RI Jeddah sangat mengapresiasi kegiatan PEKILO tahun ini”, tutur Muhammad Sukarno Pelaksana Fungsi Pensosbud 1 KJRI Jeddah dalam Opening Ceremony PEKILO yang juga dimeriahkan seluruh elemen mahasiswa dari Mahad Lughah sampai doktoral. Harapannya, agenda ini berjalan sukses dan sportif, serta kembali menyegarkan komitmen mahasiswa Indonesia di Madinah untuk bisa kembali belajar di semester selanjutnya. (Red: Edgar)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.