Bermetamorfosis di Selatan Tanah Tiongkok

Published by nurjaeni on

Chongqing, Tiongkok ~ Kota yang biasa disebut dengan kota kabut yaitu Chongqing, Tiongkok, kali ini mendapat kesempatan menjadi tempat pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) perdana yang dilaksanakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok region selatan periode 2017-2018. Latihan Dasar Kepemimpinan adalah sebuah ajang pelatihan untuk melatih jiwa kepemimpinan seseorang dan kerjasama serta kebersamaan para peserta. Region Selatan yang juga mencakup 9 kota di Tiongkok, terdiri dari: Changsha, Chongqing, Guangzhou, Guilin, Hong Kong, Liuzhou, Nanning, Wuhan, dan Xiamen dengan bangga mengangkat tema “Metamorfosis” yang bersub-tema kan “Transformasi Pemuda Milenials menjadi Pemimpin Bangsa” untuk LDK perdana ini. Seperti yang kita ketahui makna dari metamorfosis ini adalah suatu proses perubahan dari waktu ke waktu ke arah yang lebih baik. Sesuai dengan temanya, dari LDK ini diharapakan setiap perserta yang mengikuti kegiatan dapat bertransformasi kearah yang lebih baik, memiliki pondasi kepemimpinan yang kuat, menjadi diri mereka sendiri, mempunyai karakter yang kuat untuk menjadi pemimpin, daya juang yang pantang menyerah untuk menghadapi setiap masalah, solidaritas terhadap orang-orang disekelilingnya dan lebih percaya diri mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 17-18 Maret 2018 di Daxuecheng, distrik Shapingba, Chongqing. Para peserta dan tamu undangan dari PPIT pusat maupun cabang mulai berdatangan tepat sehari sebelum dimulainya rangkaian acara LDK, sehingga membuat acara ini berjalan dengan baik dan lancar. Sambutan pembukaan yang diwarnai dengan hiruk pikuk perkenalan antara panitia dan peserta, membuat acara latihan kepemimpinan ini sangat harmonis. Pada hari pertama, agenda upacara bendera dalam Apel pagi berjalan dengan sangat khusyuk karena tiada hentinya kami para pemuda bangsa mencintai lambang dan simbol negara dari Republik Indonesia, yaitu Sang Merah Putih. Setelah Apel pagi berlangsung, dilakukan pemberian Materi “Kepemimpinan & Keorganisasian” oleh saudara Michael Siagian selaku perwakilan dari PPI Tiongkok dan Respati Anintyo selaku Ketua PPIT Cabang Guangzhou. Seusai materi pertama, panitia sudah menyiapkan sebuah permainan berjudul “Building Trust” sebagai selingan untuk membuat para peserta lebih semangat dan atraktif menyimak materi kedua, yaitu mengenai “Sejarah Indonesia & PPI Tiongkok”. Nasi kuning yang menjadi makanan ciri khas Indonesia disajikan sebagai makan siang kepada para peserta agar terus dapat mengingat cita rasa kampung halaman.

Setelah itu, kegiatan outbond yang paling dinantikan oleh peserta pun akhirnya dilaksanakan setelah makan siang, di sini para peserta telah dibagi menjadi tiga kelompok besar. Permainan outbond yang sudah diseleksi dan dipilih oleh panitia memiliki banyak tujuan dan makna, salah satunya adalah para peserta diharapkan dapat terlatih dalam cara menyelesaikan masalah dalam setiap persoalan baik di organisasi maupun kehidupan. Materi “Peran Pemuda Membangun Negeri” yang disampaikan oleh saudara Fadlan Muzaki menjadi materi terakhir dalam rangkaian acara LDK ini sebelum dimulainya agenda simulasi sidang pada malam hari. Pembahasan Anggaran Dasar (AD) dan Isu-isu yang tengah hangat di tanah air Indonesia menjadi dua agenda utama dalam simulasi persidangan di LDK region selatan ini. Suasana persidangan yang dibangun oleh para panitia dan peserta menjadi sangat seru karena semangat dan antusiasme peserta dalam menyampaikan pendapat-pendapat kritis. Selain itu, malam refleksi yang merupakan agenda penutup di hari pertama LDK region selatan ini berlangsung sangat hikmat sehingga para peserta dengan serius melakukan evaluasi diri.

Pembacaan hasil penilaian dan pemberian hadiah kepada peserta dan kelompok terbaik di hari kedua ini sekaligus menjadi closing ceremony dari LDK region selatan. Tidak lupa lembar evaluasi dibagikan kepada seluruh peserta untuk mengevaluasi acara ini agar acara LDK selanjutnya dapat berjalan lebih baik lagi. Sangat di harapkan bagi peserta yang mengikuti LDK region selatan yang bertemakan “Metamorfosis” bisa benar-benar bertransformasi menjadi pemimpin yang berguna bagi bangsa dan negara.

Dokumentasi Foto : outbond, simulasi sidang, upacara, materi, closing ceremony


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.