logo ppid

Merhaba Endonezya: Salam Hangat untuk Ibukota Kebudayaan Dunia Turki 2018

Posted By 
editor_nadhira
 On 
May 10, 2018

Kegiatan WIS di Turki

Kastamonu, sebuah kota kecil di pesisir Laut Hitam di bagian utara Turki pada tahun ini terpilih menjadi The Cultural Capital of Turkic World. Sebagai PPI yang baru berumur 1 tahun, PPI Kastamonu berhasil turut mewujudkan salah satu program kerja PPI Amerika-Eropa (PPI Amerop), yaitu Wonderful Indonesia Serentak (WIS). Acara ini merupakan ajang pengenalan budaya dan kearifan lokal Indonesia kepada masyarakat luar negeri yang tinggal di Amerika dan Eropa. WIS yang kali ini diselenggarakan di Kastamonu Universitesi, Turki pada Jumat, 27 April 2018 terbilang besar.

Dengan jumlah mahasiswa Indonesia yang hanya sebanyak empat puluh orang, acara Wonderful Indonesia Serentak yang “Merhaba Endonezya” terbilang sukses besar jika dibandingkan dengan acara-acara yang pernah diselenggarakan sebelumnya oleh PPI Kastamonu. Acara yang mengusung tema “Endonezyamiza bakalim” atau “Lets see our Indonesia” mendapatkan sambutan yang antusias dari negeri berdirinya dinasti ottoman ini. Keindahan dan keanekaragaman budaya Indonesia yang unik nan elok mulai menggaung di kota kecil di pesisir Laut Hitam, Kastamonu, Turki.

Wonderful Indonesia Serentak di Turki yang bertempat di Ahmet Yesevi Konfreans Salonu ini dihadiri oleh perwakilan KBRI Ankara yaitu Bapak Sebastianus Sayoga selaku Koordinator Fungsi Ekonomi dan Bapak Fadlullah Ana Bima sebagai Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Ankara. Turut hadir dalam kegiatan ini, Rektor Universitas Kastamonu Prof. Dr. Seyit Aydin beserta seluruh civitas akademika Kastamonu University.

Acara dimulai dengan pembacaan Alquran dan sari tilawah yang dibacakan oleh saudara Al Hafidz Ammar Arasy dan Al Hafidz Umair Arasy yang membuat kagum para pendengar dengan suara indahnya. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Turki “Istiklal Marsi” dan lagu kebangsaan kita “Indonesia Raya”.

Pertukaran cenderamata dengan Rektor Kastamonu Univ. dan perwakilan KBRI

Setelah menyanyikan lagu dengan khidmat, acara dilanjutkan dengan sambutan - sambutan. Ketua PPI Kastamonu, Fiqhy Rodhiyya, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih sebesar besar nya kepada seluruh pihak yang telah memberikan banyak bantuan demi terlaksananya acara ini. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Perwakilan KBRI Ankara, Bapak Sebastianus Sayoga. Beliau memberikan apresiasi sebesar besar nya kepada Mahasiswa Indonesia di Kastamonu dan berharap akan terbuatnya acara yang serupa di tahun tahun kedepan bukan hanya lingkup kampus tetapi juga lingkup provinsi Kastamonu. Selanjutnya ditutup oleh sambutan dari Rektor Kastamonu University, Prof. Dr. Seyit Aydin. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa acara ini adalah tanda persaudaraan antara Indonesia dan Turki sebagai negara yang sama – sama berpenduduk mayoritas muslim dan juga apresiasi kepada mahasiswa Indonesia yang dikenal dengan mahasiswa yang rajin dan juga kreatif.

Penampilan pertama dimulai dengan pertunjukan Tari Saman dari Aceh yang ditampilkan oleh mahasiswi Indonesia. Penampilan ini begitu menggugah para penonton bahkan mendapatkan standing aplaus yang sangat meriah. Acara dilanjutkan dengan penampilan Tari Manuk Dadali dan Tari Topeng dari Jawa Barat.

Penampilan Tari Saman

Penampilan Tari manuk Dadali

Penampilan Tari Topeng

Penampilan selanjutnya ialah Fashion Show pakaian adat Indonesia dari sabang sampai merauke yang dikenakan oleh mahasiswa – mahasiswi internasional Kastamonu University. Penampilan yang cukup menghibur dan membuat kagum para penonton karena ragam nya budaya dan adat di Indonesia.

Peragaan busana tradisional Indonesia

Atraksi duel pencak silat

Selain itu, turut ditampilkan atraksi Pencak Silat yang mencengangkan para penonton dan mendapat apresiasi yang tinggi. Penampilan yang cukup berbahaya dan menggagumkan tersebut dibawakan oleh mahasiswa dan juga murid pencak silat tapak suci Indonesia.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan satu penampilan puncak yang ditunggu – tunggu, dimana semua penonton diajak untuk ikut tampil di depan panggung bersama. Penampilan itu ialah Tari Ge Mu Fa Mire yang berasal dari Nusa tenggara timur. Para penonton sangat menikmati dan senang dapat belajar singkat tarian khas Indonesia tersebut.

Kemeriahan Tari Ge Mu Famire

Seluruh hadirin larut dalam keseruan Tari Ge Mu Famire

Kemeriahan pun dapat dirasakan di luar panggung acara. Di stand makanan misalnya, masakan yang disajikan untuk mewakili pengenalan kuliner Indonesia pun ludes dan mendapat banyak tanggapan positif dari pengunjung. Nasi tumpeng, ayam goreng, telur dadar, pempek, rendang, sambal, hingga makanan cemilan seperti kue lapis surabaya, bakwan dan risol menghiasi meja sajian siap untuk menawarkan kekayaan rasa kuliner Indonesia di lidah dunia. Tak lupa, terdapat pula stand informasi tentang Indonesia yang tak pernah sepi dikunjungi oleh pengunjung.

Ide terselenggaranya Merhaba Endonezya di Kastamonu, Turki, selain sebagai ajang pengenalan budaya Indonesia kepada masyarakat luar negeri, juga merupakan perekatan silaturahim kebudayaan antara Indonesia dengan negara Turki dan juga negara internasional lainnya. Selain itu, acara Merhaba Endonezya juga menjadi sebuah ajang melatih kekompakan dan kebersamaan kami para mahasiswa Indonesia di Kastamonu yang masih sangat muda ini.

Kesuksesan acara Merhaba Endonezya di Kastamonu ini diharapkan akan menjadi langkah awal bagi PPI Kastamonu untuk bisa lebih berkesempatan dan turut berpartisipasi mengenalkan khasanah dan budaya Indonesia di Turki. Terlebih dengan melihat antusiasme masyarakat Turki kepada budaya Indonesia yang sangat tinggi.

Seluruh pengunjung yang diperkirakan berjumlah lebih dari 300 orang ini tak henti – hentinya memuji keunikan dan keindahan budaya Indonesia dan berharap akan ada acara serupa di masa yang mendatang.

 

Foto: Dokumentasi PPI Kastamonu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920