Mengintip Megahnya Masjid SOAS, Ikon Brunei Darussalam

Published by jeanne on

Negara Islam dengan Kesultanan sebagai ciri khasnya. Kedamaian dan ketentraman yang dijanjikan kepada masyarakatnya menjadikan negara ini sebagai inspirasi  bagi negara-negara lainnya dalam pembentukan masyarakat negara. Negara yang tidak luas namun besar kecintaannya pada sang Khalik ini mempunyai masjid-masjid yang dibangun megah nan indah dan  termasuk simbol utama negara ini, simbol umat muslim yang juga menjadi seni nyata dalam pembangunan Islam di zaman modern saat ini. Salah satu masjid tersebut adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin.

Negara yang masih berumpun satu dengan negara Indonesia juga Malaysia ini mempunyai banyak kesamaan dengan negara-negara tetanggan kita yang mana masih bisa menemukan musim panas yang terik juga musim hujan yang terkadang membuat genangan air meluap.  Masyarakat yang ada juga tidak jauh berbeda dari segi rupa dan fisik dibanding  negara-negara Asia lainnya. Hanya saja mungkin terdapat beberapa perbedaan bahasa dan dialek yang digunakan. Dari segi budaya pun hampir sama. Hanya saja negara ini masih kental dan lekat dengan budaya-budaya lokal yang ada.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Dikenal dengan nama Masjid SOAS (Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin), bertempat di pusat ibukota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan. Masjid ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik dari orang Brunei sendiri  maupun orang luar negara, bahkan pengunjung non-muslim. Mereka berbondong-bondong datang dengan tujuan yang berbeda-beda. Baik itu untuk sekedar melihat pemandangan sekeliling masjid, berfoto bersama maupun sengaja datang untuk beri’tikaf. Terkhusus bagi mereka yang non-muslim, dikehendaki menutup pakaian mereka dengan pakaian yang telah disediakan didalam masjid.

Letaknya yang sangat strategis, dan adanya transportasi yang tidak sedikit juga berbagai jenis penginapan dan makanan khas negara-negara terkenal sudah tersedia di sekitarnya merupakan alasan terkuat bagi para wisatawan luar negara  yang dtang berkunjung.

Ditambah lagi dengan adanya halaman luas yang dihias dengan berbagai macam pepohonan juga bunga-bunga indah sekeliling masjid ini. Siapa yang tidak terpana dibuatnya, ketika kita dapat menikmati dua keindahan alam dalam satu waktu?! Bukan hanya itu, masjid yang namanya diambil dari nama Sultan ke-3 yang pernah memimpin ini juga dibuat dari lapisan emas asli pada kubah utamanya serta dikelilingi dengan menara-menara masjid yang  bahan bakunya tidak biasa, yaitu batu marmer asli. Di bagian belakang masjid juga dibangun jembatan yang bersambung langsung dengan Sungai Kampong Ayer yang ada di negara ini. Replika perahu (Barj Mahligai Sultan) yang bersambung dengan masjid tersebut juga merupakan keunikan sendiri bagi masjid ini. Dimana yang dahulu hanya bisa dinikmati keindahannya ketika dalam pementasan tilawah qur’an saja, saat ini setiap orang dalam keadan apapun bisa menikmatinya.

Ketua PPI Brunei berlatar Masjid SOAS.

Saya, sebagai pelajar Indonesia yang berada di negara ini dibuatnya tidak pernah merasa bosan untuk terus berkunjung ke masjid yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat dimana saya tinggal saat ini. Baik karena ingin sekedar datang untuk menikmati keindahan masjid ini, maupun karena tuntutan. Apakah tuntutan yang saya maksud disini? Apakah ini sesuatu yang negatif? Tidak tentunya. Tuntutan ini bermaksud sebagai tempat awal pengenalan orang-orang luar seperti saya tentang Negara ini, karena terkadang sayapun ikut mengajak orang-orang baru berkunjung kesana. Karena bagi saya, dia yang datang ke Negara ini belum sempurna rasanya jika ia belum  mengunjungi masjid ini dan Masjid Jami’ Asr’ Haji Hassanal Bolkiah. Dan tidak sedikit orang yang telah pergi bersama saya untuk menikmati keindahan Masjid Omar Ali Saifuddin ini bersama, baik orang itu merupakan pelajar baru Indonesia atau dari negara-negara lain juga wisatawan asing yang sengaja hendak berkunjung.

Salah satu proker PPI Brunei

Dari karenanya untuk mempermudah jalannya kunjungan daripada orang luar, dibentuk sebuah aktivitas kunjungan di bawah naungan PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) yang saat ini langsung  di bawah tanggung jawab organisasi. Karena itu bagi siapa yang mungkin berminat untuk mengunjungi masjid ini juga tempat-tempat wisata lainnya bisa menghubungi langsung di Instagram @ppibruneidarussalam.

Profil Penulis:

Siti Bilqis Firdausy adalah mahasiswa tahun keempat jurusan Bahasa Arab di University Islam Sultan Syarif Ali. Bilqis juga aktif di PPI Brunei Darussalam sebagai Koordinator Departemen Pendidikan dan Keilmuan. Bilqis bisa disapa di akun Instagram @firdausy_bilqis

 

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.