logo ppid

Mengadakan Webinar tentang Desa, PPID Berharap Desa Semakin Mandiri

Posted By 
PPI Dunia
 On 
December 28, 2022

Sabtu, 17 Desember 2022, direktorat Pergerakan dan Pengabdian Masyarakat Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPM PPID) mengadakan Webinar Super 2.1.

Webinar bertema "Mengabdi dari Hati Bersinergi Mewujudkan Desa yang Mandiri" digelar daring melalui zoom.

Melalui sambutan dalam kegiatan tersebut koordinator PPID Achyar Al Rasyid juga berharap ke depan desa - desa dapat semakin mandiri melalui badan usaha milik desa dan di kemudian hari desa menjadi suatu kekuatan fundamental pembangunan ekonomi bangsa Indonesia.

Wakil Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, Dr. Fadlansyah Lubis, S.H., L.LM. sangat mengapresiasi PPID yang mengangkat topik membangun desa dalam webinar kali ini.

“Terkait dengan desa, ini adalah nawacita presiden. Kami menerapkan membangun dari pinggiran, bahkan kami saat ini sering menyebutnya dengan desa mengepung kota”, tambah Fadlansyah dalam sambutannya.

Fadlansyah juga mengajak peserta untuk mendiskusikan terkait bagaimana cara memperkuat badan usaha milik desa yang mampu mengelola dana desa agar dapat dimanfaatkan untuk pembangunan desa secara efektif.

Hal tersebut juga dibahas oleh pembicara pertama Choirul Anam (Koordinator PPID 2020/2021. Dalam pemaparannya yang  bertopik mendorong kemandirian ekonomi desa sebagai kekuatan ekonomi nasional,

Anam menjelaskan bahwa potensi ekonomi dunia terutama Indonesia nantinya akan sangat ditentukan oleh bagaimana kita mendorong perekonomian di pedesaan.

Lebih lanjut, Irwanda Wisnu Wardhana, Ph.D (Kepala Pusat Riset BRIN) juga turut memeriahkan Webinar Super 2.1. Irwanda dalam webinar tersebut banyak menyampaikan pengalamannya sebagai warga desa yang merasa bahwa masih kurangnya akses dan infrastruktur untuk mendukung potensi warga.

“Negara harus hadir dan mampu membuat semua warga negara, penduduk, siapapun yang tinggal dimanapun dalam kondisi apapun, harus mendapat perlakuan yang sama untuk mencapai the optimal level of his/her destiny as a human being to serve the society”, tegasnya saat memaparkan materi

Selain itu Irwanda juga memaparkan bahwa desa merupakan subsistem fundamental yang paling dibutuhkan dalam pembangunan Indonesia. Ia juga menjelaskan bagaimana strategi untuk meningkatkan perekonomian desa di Indonesia dalam webinar tersebut.

Dalam webinar tersebut, berbagai pertanyaan juga disampaikan oleh para peserta yang dijawab secara lugas dan jelas oleh pembicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920