Membidik Peluang Kolaborasi Penelitian Berbagai Bidang Ilmu Melalui “4th NBISC Tartu-Estonia”

Published by editor_kartika on

Margaretta, saat menerima penghargaan poster terbaik

TARTU, 20/02/2018—Gelaran NBISC (Nordic Baltic Indonesian Scholar Conference) yang ke-4 telah sukses dilaksanakan. NBISC merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh PPI di kawasan Nordic-Baltic countries secara bergantian. Mengambil tempat di Athena Keskus Tartu, Kegiatan 4th NBISC dihadiri oleh perwakilan PPI Estonia, Swedia, Finlandia, dan Denmark. 4th NBISC yang dilaksanakan pada 17-18 Februari 2018 mengusung tema “Building Collaboration Through Technology”.

“Meskipun mengusung tema teknologi, kami panitia tidak membatasi bidang paparan hanya pada dunia teknologi dan Internet. Inovasi yang baru, menarik dan membangun akan sangat penting artinya untuk dapat ditampilkan karena akan membuka peluang kolaborasi. Unsur teknologi hanyalah lem yang akan merangkul berbagai bidang saling berkomunikasi dan konferensi ini terbuka untuk semua bidang.”

tutur Radita Liem, ketua panitia 4th NBISC sekaligus ketua PPI Estonia.
Pada kesempatan ini PPI Finlandia mengirimkan tiga poster untuk dipresentasikan, yaitu:
  • Central Register as a Model Instrument to Unveil Beneficial Owners for Tax Purposes” (Adrianto Dwi Nugroho),
  • Genome-Wide Exon-Capture Approach Identifies Genetic Variants of Norway Spruce Genes Associated with Susceptibility to Heterobasidion parviporum Infection” (Mukrimin), dan
  • The Lowland Anoa (‘Bubalus depressicornis’) Breeding Management in Anoa Breeding Centre Manado, North Sulawesi, Indonesia” (Margaretta Christita).

Mukrimin, peserta teraktif

Pada akhir sesi dilakukan penghargaan poster terbaik yang diberikan kepada Margaretta (PPI Finlandia) dan peserta teraktif kepada Mukrimin (PPI Finlandia). “Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini, karena selain menambah wawasan mengenai penelitian teman-teman yang sangat potensial dan perlu dilanjutkan dengan aplikasi di tanah air, kegiatan ini juga dapat menjadi awal yang baik untuk berkolaborasi di masa mendatang,” kata Adrianto yang mewakili PPI Finlandia.
Kegiatan itu dihadiri pula oleh perwakilan KBRI Helsinki, yaitu Bapak Patrick dan Bapak Eko. Pada presentasi keynote speech Laura Altin dari perusahaan Estonia, Positium, memaparkan kerjasama yang sedang dijalankan oleh Positium dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan PT. Telkomsel terkait Mobile Positioning Data (MPD). Selain memaparkan secara singkat tentang metode MPD yang telah dilaksanakan di Estonia, Laura juga menjelaskan tentang pelaksanaan MPD di beberapa daerah di Indonesia, seperti Nusa Tenggara dan Kalimantan. Proyek MPD diharapkan dapat mengagregasi jumlah wisatawan asing yang masuk ke Indonesia berdasarkan nomor handphone yang dimiliki oleh wisatawan sebagai landasan untuk pengambilan kebijakan.
Adanya NBISC yang dilakukan secara berkesinambungan diharapkan dapat menjadi ajang kolaborasi dan silaturahmi antar taman-teman PPI yang menempuh pendidikan di negara-negara kawasan Nordik-Baltik. Secara khusus PPI Finlandia mengucapkan terimakasih kepada KBRI Helsinki atas dukungan yang diberikan untuk dapat berperas serta dalam kegiatan 4th NBISC.
Penulis: PPI Finlandia
Editor: Kartika Restu Susilo


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.