Malam Cinta Indonesia

Published by editor_jaeni on

Malam Cinta Indonesia (MCI) merupakan kegiatan perpaduan budaya Indonesia dan Jepang yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh PPI Ibaraki dan Merah Putih Kai. Merah Putih Kai adalah organisasi non-profit beranggotakan masyarakat Jepang yang memiliki ketertarikan terhadap kebudayaan Indonesia. Malam Cinta Indonesia 2017 menjadi kegiatan MCI yang ke-delapan yang menampilkan keanekaragaman budaya Indonesia melalui tarian dan lagu tradisional dari beberapa daerah dan suku bangsa berbeda serta beberapa kebudayaan populer khas Jepang. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 6 Januari 2018 pukul 5 sore hingga 8 malam waktu Jepang ini berlokasi di Noval Hall Tsukuba, Ibaraki prefecture, Jepang. Tercatat sekitar 700 orang datang di acara.

MCI tidak hanya diisi oleh penampil dari PPI Ibaraki sendiri, tetapi juga dimeriahkan oleh penampil-penampil seni yang datang langsung dari Indonesia seperti IRARI (Ikatan Raka-Raki) Voice star dari Dinas pariwisata Jawa Timur, dan Unit Kesenian Sumatera Utara (UKSU) dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Penampilan lokal khas Jepang pun turut memeriahkan acara ini seperti Koto, Samisen, Yosakoi Soran, dan tidak lupa juga penyanyi solois asal Jepang Aoi Sano. Acara dikemas dengan drama musikal yang mengangkat cerita rakyat Indonesia Bawang Putih dan Bawang Merah. Kesenian yang ditampilkan pun beragam mulai dari seni tari seperti Tari Saman, Tari Piring, Tari Boran, Tari 7 Etnis, tari Tor-Tor, dan Tari Yosakoi Soran. Seni musik turut melengkapi acara seperti Samisen, Koto, lagu-lagu daerah Jawa Timur yang dibawakan oleh IRARI Voice star, serta beberapa single lagu yang dibawakan oleh solois Aoi Soran.

Kegiatan ini merupakan salah satu peluang untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke mata dunia khususnya kepada masyarakat Jepang dan juga menjadi kesempatan untuk menjalin hubungan dan kerjasama antar negara. MCI sendiri menjadi salah satu acara yang turut meramaikan peringatan 60 tahun kerjasama antar Indonesia dan Jepang. Melalui kesempatan ini panitia juga mengadakan penggalangan dana yang didapat melalui penonton untuk disumbangkan ke sekolah-sekolah yang ada di Indonesia dalam rangka membantu proses pembelajaran di tanah air. Berikut dokumentasi foto kegiatan Malam Cinta Indonesia 2017:

 

Penulis: Guntur Adjie Dimas Karebet


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.