Kumpul Online #1: Mobile Legend Bersama

Published by editor_kartika on

Di zaman serba internet, tidak hanya percakapan yang bisa dilakukan secara online, tetapi juga kegiatan sehari-hari lainnya. Sebut saja berbelanja, memesan tiket, atau bahkan bermain. Bagi mahasiswa Indonesia di luar negeri, berkumpul secara online merupakan salah satu pengobat rasa rindu terhadap teman-teman setanah-air. Mekanisme yang dapat dilakukan pun bermacam-macam. Persatuan Pelajar Indonesia kawasan Amerika dan Eropa (PPI Amerop) melihat masalah dan kesempatan ini, kemudian menginisiasi program bernama Kumpul Online. Minggu lalu, event Kumpul Online pertama dilaksanakan, yaitu bermain Mobile Legend (game online) bersama.

Sekilas tentang PPI Amerop

PPI kawasan Amerika-Eropa adalah sub-divisi dari PPI Dunia. Fungsinya menyinergikan antara PPI negara-negara di kawasan Amerika dan Eropa. Seperti PPI Dunia, PPI Amerop juga mempunyai program simposium setiap tahun, dan yang tidak kalah seru: program-program kerjanya.

Mobile Legend sebagai event pertama Kumpul Online

Pada tahap awal pencarian ide, selain diskusi internal, dilakukan juga survey ke anggota PPI di kawasan Amerika dan Eropa. Pertanyaannya adalah: jika ada event untuk berkumpul, kegiatan apakah yang sebaiknya dilakukan? Banyak yang menjawab bermain online game. Adnin Qasifa dari tim penanggung jawab Kumpul Online, menyatakan bahwa online game adalah wadah yang digemari para mahasiswa Indonesia di luar negeri. “Khususnya Mobile Legend, banyak sekali peminatnya di Indonesia saat ini,” kata Adnin.

Pada event Sabtu lalu, Adnin menyatakan jika peminatnya cukup banyak. Ada sekitar 30 orang yang mendaftar dan bermain bersama. Hampir semuanya berasal dari negara yang berbeda. ”Ada peserta dari Rusia, Turki, Italia, Mesir, Jerman, Thailand, wah saya tidak ingat semua. Intinya bukan hanya dari negara-negara Amerika dan Eropa,” ujar Adnin yang juga anggota PPI Swiss dan Liechtenstein.

Event Kumpul Online tersebut dijadwalkan berlangsung selama 3 jam. Namun, antusiasme peserta menyebabkan permainan tetap berjalansetelah 3 jam walaupun jumlah peserta berkurang.

Lalu bagaimana hasilnya? Apa tercapai misi Kumpul Online untuk menyambung silaturahmi?

”Mereka antusias saling mengalahkan satu sama lain. Kami sekalian saling kenal dan memperbanyak tali silaturahmi,” kata Adnin yang saat ini kuliah S2 Computer Science di Universität Basel.

Menurut Adnin, tingginya animo para peserta memungkinkan event seperti ini akan diulang lagi di kemudian hari. Selain itu, banyak pelajar yang tidak bisa mengikuti event kemarin meminta acara ini untuk diadakan kembali.

Ketika ditanya tentang reaksi negatif dari netizen, Adnin tidak menampik kemungkinan adanya kritik terhadap acara ini. Namun sejatinya, niat awal acara ini adalah silaturahmi dengan pelajar lain dan tujuan itu tercapai.**

 

 

Ilustrasi: https://pngtree.com/freepng/playing-computer-play-phone-vector_2542588.html

Penulis: Satu Cahaya Langit

Media Strategis
PPI kawasan Amerika-Eropa
Editor: Kartika Restu Susilo


2 Comments

GAGAK hitam · May 12, 2018 at 11:12 pm

Karena saya suka mobile legends

Putra Sanjaya · March 14, 2019 at 2:32 am

mobile legend emang the best

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.