logo ppid

Bakti Sosial PPI Tiongkok Cabang Wuhan dan Ranting Huangshi di Panti Asuhan, Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim

Posted By 
Asyraf Muntazhar
 On 
April 26, 2022
Foto bersama PPI Tiongkok Cabang Wuhan dan Ranting Huangshi dengan adik-adik Yayasan Panti Asukan Al-Kaaf (PPI Dunia/26-04)

Jakarta - Menyambut bulan suci Ramadan kali ini, Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) Cabang Wuhan dan PPIT Ranting Huangshi berkolaborasi mengadakan acara bakti sosial yang berlokasi di Yayasan Panti Asuhan Al-Kaaf Jabung, Malang. Bakti sosial tersebut dilaksanakan pada 9 April bertepatan yang juga bertepatan dengan hari jadi PPIT ranting Huangshi.

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk membantu sesama. Selain itu, sebagai wujud bakti mahasiswa yang sedang berkuliah di Provinsi Hubei Tiongkok dengan terjun langsung untuk berbagi di lingkungan masyarakat.

Guna menyukseskan acara tersebut panitia menghadirkan program donasi untuk para dermawan yang ingin bersedekah melalui program Pondok Harapan Wuhan X Bakti PPITH. Panitia membuka donasi tidak hanya dalam bentuk uang, melainkan juga kebutuhan lain anak-anak di panti asuhan seperti obat-obatan, alat tulis, alat beribadah, dan lain-lain.

Acara disambut dengan antusias oleh seluruh peserta, dari adik-adik maupun beberapa pengurus panti yang ikut hadir. Acara sore itu dipandu oleh Arnita Sari selaku Master of Ceremony dengan didahului agenda pertama, yaitu sambutan oleh ketua PPIT Wuhan, Khoirul Umam Hasbiy.

"Harapannya semoga acara ini bisa menjadi motivasi dan penyemangat untuk adik-adik disini." ujarnya.

Kemudian dilanjutkan sambutan sekaligus sebagai pembuka acara oleh ketua Yayasan Panti Asuhan Al Kaaf, Bapak KH. Abdullah Yazid. Beliau bercerita, "23 tahun sudah panti ini menjadi rumah untuk anak-anak yatim, mulai dari usia 2 tahun hingga ada yang sudah di jenjang perkuliahan." Kegiatan di Panti asuhan yang sekarang dihuni oleh sekitar 140 anak antara lain adalah belajar dan mengaji.

Sesi selanjutnya diisi oleh Muhammad Kamaluddin Ikhsan selaku pemateri Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Bersih pangkal sehat. Sehat pangkal kaya." terang kak Kamal.

"Menjaga kebersihan bisa dimulai dari diri sendiri, mulai dari mencuci tangan, menggosok gigi, dan merapikan tempat tidur." tambahnya sekaligus mengajak adik-adik untuk menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Untuk menguji pemahaman adik-adik tentang materi tersebut panitia mengadakan kuis yang dipandu oleh pembawa acara. Adapun kuisnya adalah permainan Pohon Harapan yang telah disiapkan oleh panitia. Dimana setiap anak diminta untuk menuliskan harapan dan cita-citanya di sebuah kertas dan kemudian bergantian menempelkannya pada banner bergambar pohon yang ada di depan.

Waktu pun berlalu mendekati azan magrib, panitia pun membagikan takjil dan bersiap untuk salat magrib terlebih dahulu. Selepas salat maghrib. Seluruh peserta dan panitia bersiap untuk buka bersama dengan duduk bersama membentuk lingkaran besar agar terasa nilai kebersamaan. Setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai dilaksanakan, acarapun ditutup dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 PPI Dunia
All rights reserved
Mayapada Tower 1, Lt.19, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 28
Jakarta Selatan 12920