BADAN PENGURUS HARIAN
PPI DUNIA 2020/21

        Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia), yang pendiriannya dilakukan saat Konferensi International Pelajar Indonesia (KIPI) yang diadakan di kampus Universitas New South Wales (UNSW) Sydney-Australia pada tanggal 9 September 2007, memiliki sejarah panjang dan kontribusi nyata dalam perjalanan bangsa Indonesia. PPI merupakan organisasi mahasiswa yang embrio-nya diinisiasi oleh Bung Hatta saat sedang menjadi mahasiswa di Handels Hogeschool atau Sekolah Tinggi Bisnis di Rotterdam-Belanda, atau saat ini berubah nama menjadi Universitas Erasmus Rotterdam. Bung Hatta dan kawan-kawan mahasiswa di Belanda mendirikan Indische Vereeniging dengan nama baru Persatoean Peladjar Indonesia (PPI) tahun 1922 di Leiden. Sejarah mencatat kemudian bahwa PPI menjadi salah satu organisasi yang mengikuti kongres pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

        Semangat Bung Hatta melalui ide, tulisan, serta ketulusannya membangun Indonesia, mendorong setiap mahasiswa yang tergabung dalam PPI menggelorakan semangat akademis dan nasionalis yang tinggi. PPI berkembang pesat setelahnya, tercatat Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden Republik Indonesia yang ke-3, merupakan Ketua PPI Aachen-Jerman tahun 1957. Di bawah kepemimpinannya PPI menyelenggarakan Seminar Pembangunan di Hamburg-Jerman Barat pada 20-25 Juli 1959 yang mengundang semua mahasiwa Indonesia yang tinggal di Eropa.

        Ketokohan Bung Hatta dan Eyang Habibie, meng-encourage PPI Dunia era modern untuk menjadikan organisasi ini memiliki dua fungsi utama bagi seluruh pelajar Indonesia di Luar Negeri yaitu sebagai diplomat atau duta bagi bangsa Indonesia dan menjadi insan akademis yang memiliki passion untuk berkontribusi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. PPI Dunia saat ini memiliki anggota 60 PPI Negara yang tersebar pada tiga kawasan, yaitu Amerika Eropa (28 PPI Negara), Timur Tengah Afrika (18 PPI Negara), dan Asia Oseania (14 PPI Negara). Jumlah pelajar Indonesia yang tersebar di seluruh dunia menurut data Pusdatin PPI Dunia 2020 sebanyak 75.509 mahasiswa.

        Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Indonesia Emas 2045 yang dirancang untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi (keluar dari level mediocre), yang berkualitas (inklusif sehingga memberikan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan bagi semua masyarakat) dan yang berkelanjutan, dengan memanfaatkan segala resources yang ada serta bonus demografi yang dimiliki oleh Indonesia.

        Melalui Visi, Misi, 5 Stars Program Kerja, serta semangat BERKARISMA 2020-2021 (Berdedikasi, Berkarya, Dinamis, dan Bekersamaan), PPI Dunia berkomitmen menjadi bagian yang ikut berperan aktif mensukseskan Indonesia Emas 2045 untuk menjadikan Indonesia negara terbesar ke-4 dunia di bawah Tiongkok, USA, dan India sebagaimana prediksi Price Waterhouse Coopers tahun 2017.​

Choirul Anam
Koordinator PPI Dunia 2020/21

Badan Pengurus Harian PPI Dunia 2020/21 siap bertugas untuk melayani mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di luar negeri serta memberikan platform bagi mahasiswa tersebut untuk berkontribusi kepada negara.