Categories
Berita

Leadership Training PPI Dunia bersama PPM School of Management

  •   
  •   

Oleh: Ahsana Nur Amalia, Redaktur Berita Kegiatan Dirkominfo PPI Dunia/ PPI Turki

Direktorat Pengembangan SDM Bidang Pelatihan PPI Dunia 2020-2021 bekerja sama dengan PPM School of Management menyelenggarakan latihan kepemimpinan yang bertemakan Effective Leadership Behaviour dan Impactful Communication pada Kamis, 24 September 2020 pukul 14.00 WIB – 18.00 WIB melalui video call conference di aplikasi Zoom. Kegiatan ini dihadiri oleh BAPELHA PPI Dunia 2020-2021, Dewan Pengawas PPI Dunia 2020-2021, Dewan Presidium PPI Dunia 2020-2021, Koordinator/Wakil Koordinator Kawasan, Ketua PPI Negara, anggota Direktorat Pengembangan SDM PPI Dunia, dan PPM School of Management.

Tema yang pertama yaitu Effective Leadership Behaviour disampaikan oleh bapak Dr.Wendra, SE. Ak, M. HRM, ACP, CPC (PPM School of Management). Beliau menyampaikan bahwa definisi kepemimpinan adalah pencapaian tujuan, implementasi strategi dan pelaksanaan tugas, memengaruhi orang-orang, memengaruhi identifikasi kelompok, dan memengaruhi budaya organisasi. Beliau menegaskan bahwa memengaruhi tidak sama dengan memerintah. Pada kesempatan ini beliau juga menyampaikan tentang tiga jenis kepemimpinan yang ideal untuk diaplikasikan dan bagaimana pemimpin yang baik seharusnya memiliki perilaku-perilaku pemimpin yang efektif. Pemimpin yang baik juga harus memahami pola 360 degree leadership yaitu leading up dan leading sideways serta pembagian manajemen konflik.

Setelah pembahasan tema pertama disampaikan oleh pemateri, para peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta diantaranya adalah pertanyaan dari Wisnu Uriawan, Dewas/PPI Perancis yang bertanya tentang bagaimana cara mengatasi akar permasalahan serabut, dan jawaban yang diberikan oleh pemateri adalah pastikan permasalahannya tunggal, jika masih serabut, cari sampai menemukan benang merahnya dengan terus mengajukan pertanyaan. Pertanyaan selanjutnya diajukan oleh Andhika Febri, Ketua PPI Rumania yang bertanya tentang bagaimana mengelola permintaan rapat terlebih disaat pandemic COVID-19, dan pemateri menjawab bahwa penggunaan time management yang baik dimana waktu bisa disesuaikan untuk belajar, kampus, keluarga, dan organisasi.

Tema selanjutnya yaitu Impactful Communication disampaikan oleh bapak Noveri Maulana S.I.Kom., MM., PCEL., (PPM School of Management). Beliau menjelaskan bahwa bentuk komunikasi dibagi menjadi 3, yaitu 55% body language, 38% voice, dan hanya 7% words atau kata-kata. Dalam berbicara, intonasi dibagi menjadi speed, power, dan volume. Tidak semua hal memerlukan power dan volume yang tinggi. Beliau juga menyampaikan bahwa improvisasi merupakan hal yang penting. Ketika tampil di depan umum, walaupun sedang blank, nonverbal diusahakan tidak boleh blank. Dalam berkomunikasi, sebaiknya memilih komunikasi asertif yang terbuka, hindari jenis komunikasi yang agresif. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang menggunakan diksi positif. Oleh karena itu, memperluas diksi dapat membantu untuk mengoptimalkan skill asertif.

Setelah pembahasan tema kedua disampaikan oleh pemateri, peserta diberi kesempatan lagi untuk bertanya. Beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain adalah pertanyaan dari Brimoresa, Ketua PPI Spanyol yang bertanya tentang bagaimana komunikasi yang baik dalam LDR  dan jawaban dari pemateri ialah menjadikan komunikasi bukan sebagai rutinitas, melainkan terus berinovasi dan mencari cara yang tidak membosankan. Pertanyaan terakhir diajukan oleh Choirul Anam, Koordinator PPI Dunia yang bertanya tentang bagaimana cara agar orang-orang tidak apatis dan jawaban pemateri ialah menyamakan organization value dan personal value sehingga value dapat beririsan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.