Categories
Uncategorized

Kick-Off Meeting PPI Dunia dengan LIPI: peningkatan kualitas penilitian pelajar di Luar Negeri, Mempersiapkan Indonesia Emas 2045.

  •   
  •   

PRESS RELEASE

Oleh: Fauzul Azhim (Ketua Bidang Relasi Media dan Opini Publik PPI Dunia 2020-2021/PPI Turki)

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) melaksanakan agenda Kick-Off meeting dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada hari Kamis 17 September 2020. Agenda ini merupakan salah satu Program Kerja PPI Dunia 2020-2021 yaitu untuk meningkatkan kualitas penelitian para pelajar di Luar Negeri, sebagai bentuk kontribusi nyata dan dukungan PPI Dunia terhadap para peniliti Indonesia dari kalangan mahasiswa atau pelajar yang berada di Luar Negeri, serta kontribusi terhadap kemajuan masa depan bangsa Indonesia.

Kick-Off meeting yang dilakukan secara daring melalui media zoom ini dilaksanakan dengan tujuan agar tercapai pemahaman bersama antara PPI Dunia dan LIPI dalam kerja sama dibidang penelitian. Acara yang dipimpin oleh Koordinator PPI Dunia Choirul Anam dengan menghadirkan Kepala LIPI Bapak Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc, mencoba untuk menggali potensi-potensi pelajar Indonesia di Luar Negeri agar dapat berkontribusi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia melalui ide-ide dan pemikirannya di semua bidang. Kepala LIPI menyambut antusias acara ini dan menjadi momentum bagi dunia penelitian dengan melibatkan mahasiswa Indonesia di seluruh dunia.

Kepala LIPI Bapak Dr. Laksana Tri Handoko menyampaikan keterbukaan LIPI untuk berkolaborasi multi pihak dalam dan luar negeri baik dari pihak swasta industri, mahasiswa serta dosen untuk melakukan riset terbuka terkhusus pada bidang infrastruktur (SDM, peralatan, mitra LN). LIPI berposisi menjadi wadah untuk menfasilitasi mitra, merangsang munculnya innopreneur dari keterlibatan dalam proses penelitian.

Pada kesempatan ini pula, PPI Dunia membuka peluang kerjasama dengan LIPI dalam beberapa output penelitian PPI Dunia yaitu pada program Buku PPI Dunia, Policy Brief PPI Dunia, mentorisasi, pelatihan penulisan populer, dan pelatihan penulisan ilmiah. PPI Dunia menyampaikan kepada Kepala LIPI tentang program buku PPI Dunia direncanakan akan terbit sekitar 10 buku, berisi kumpulan artikel pemikiran pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di berbagai negara di dunia. Setiap buku akan membahas satu bidang, seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Program buku PPI Dunia ini memiliki tema “Mempersiapkan Indonesia Emas 2045: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia se-Dunia”. Dengan adanya program Buku PPI Dunia, Bapak Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. menanggapi bahwa LIPI mendukung atas program yang akan dicanangkan oleh PPI Dunia ini. Melalui LIPI Press, program Buku PPI Dunia ini akan didorong dan didukung dengan skema penerbitan yang telah diatur oleh LIPI.

PPI Dunia juga akan melakukan kajian terhadap isu-isu nasional yang kemudian akan dibuat ringkasan singkat terkait isu yang beredar dan mengeluarkan beberapa rekomendasi terbaik sebagai opsi kebijakan kepada pemangku kebijakan publik. PPI Dunia akan menerbitkan setidaknya 2 policy brief di masing-masing Komisi dengan jumlah total 26 policy brief dalam satu tahun. Dalam hal ini LIPI turut mendukung terhadap program Policy Brief yang akan dijalankan oleh PPI Dunia dengan menyediakan mitra bestari atau reviewer yang sesuai pada bidang masing-masing.

LIPI juga mendukung program PPI Dunia terkait mentorisasi, pelatihan penulisan populer, dan pelatihan penulisan ilmiah. LIPI akan menyiapkan fasilitas berupa mentor dan pemateri sesuai dengan bidang ilmunya untuk mendukung program tersebut. Terkait program pelatihan penulisan ilmiah, LIPI menyarankan untuk melakukan kolaborasi riset. Selain itu LIPI menyarankan untuk selalu fokus terhadap satu bidang ilmu yang diampuh dan melatihnya dengan learning by doing bersama professor masing-masing.

Dari keseluruhan program ini, PPID berharap adanya dukungan dan dorongan penuh dari pemerintah Indonesia untuk mempermudah dalam proses penelitian di berbagai bidang keilmuan. Dengan begitu, para pelajar dapat menghasilkan output penelitian dengan kualitas terbaik yang dapat menunjang kemajuan bangsa Indonesia dan visi Indonesia Emas 2045.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.