Kuliah di Luar Negeri? Persiapkan Dirimu untuk Hal-Hal Berikut!

  •   
  •   
complex-problems.png

Mungkin banyak dari kawan-kawan yang ingin berkulaih di luar negeri dengan segala pertimbangan yang membuat berkuliah di luar negeri itu lebih baik. Bagi kawan-kawan yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, sebaiknya persiapkan diri lebih awal untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang kerap terjadi pada mahasiswa yang berkuliah di luar negeri. Berikut diantara masalah-masalahnya

  1. Kesulitan memahami pelajaran.

Berkuliah di kampus luar negeri tentu saja memerlukan usaha serta persiapan yang  ekstra, terutama dalam hal bahasa. Tentunya tidak semua mahasiswa yang menimba ilmu di kampus-kampus luar negeri akan mengalami hal ini. Maka dari itu perlu persiapan berupa kemampuan bahasa terkhusus bahasa pengantar di kampus untuk memahami materi yang diajarkan agar meminimalisir kesulitan pemahaman materi.

2. Culture Shock

Singkatnya, culture shock adalah keadaan dimana kita merasa asing dengan kebiasaan, sosial ataupun budaya saat kita berpindah ke suatu tempat. Berkuliah di luar negeri tentunya membawa kita tinggal dan menetap di tempat yang sepenuhnya baru bagi kita, maka tak heran kalau banyak mahasiswa yang berkuliah di luar negeri terutama yang baru saja datang memulai kehidupan perkuliahannya. Tetapi, seiring berjalannya waktu, culture shock ini pasti akan hilang dengan sendirinya.

3. Keuangan

Seiring berjalannya waktu, mahasiswa yang melanjutkan studinya di luar negeri semakin banyak dan berasal dari berbagai latar belakang. Tak jarang, banyak juga mahasiswa yang harus berjuang dengan usahanya sendiri untuk mencari uang dengan bekerja part time di samping berjuang untuk studinya untuk membiayai biaya hidup di negara perantauan. Hal ini merupakan contoh salah satu cara yang dilakukan oleh mahasiswa yang berkuliah di luar negeri untuk mengatasi permasalahan finansial yang kerap dialami. Contoh yang lain adalah saat nilai tukar melemah sehingga sangat berdampak pada uang saku yang dimiliki mahasiswa. 

4. Homesick

Kalau anda sudah bertekad untuk melanjutkan studi di luar negeri, maka yang satu ini pasti akan terjadi pada anda, baik jauh atau dekat negara tempat berkuliah dengan negara asal. Jika tempat berkuliah tidak terlalu jauh, maka hal ini bukan menjadi masalah yang berarti. Lain halnya jika anda berkuliah di negara yang terletak jauh dari negara asal, maka hal ini bisa menjadi permasalahan tersendiri.  Pasalnya, perasaan homesick ini seringkali muncul bahkan saat dalam momen yang tidak menentu, ditambah dengan sulit dan jauhnya perjalanan yang harus ditempuh. 

5. Makanan

Makanan merupakan salah satu hal yang dirasakan perbedaannya dengan makanan yang biasa ditemui sebelum hidup dan berkuliah di negara lain. Mungkin di beberapa tempat dapat ditemui kemiripan, tapi banyak juga yang sangat berbeda. Kabar baiknya, setiap mahasiswa yang berkuliah di luar negeri lama kelamaan akan terbiasa dengan sendirinya terhadap makanan yang mereka temui saat tinggal di luar negeri. Dan perlu diketahui, makanan adalah hal yang biasa terlintas di pikiran jika sedang mengalami homesick.


Di atas adalah beberapa permasalahan yang biasa dihadapi oleh mahasiswa yang berkesempatan untuk melanjutkan studinya di luar negeri. Tentunya setiap orang akan memiliki pengalaman yang berbeda satu sama lain, namun secara keseluruhan, hal-hal di atas adalah yang biasa dialami saat berkuliah di luar negeri. Jika terdapat kritik maupun saran dan bahkan masukan, kalian dapat menghubungi kami di pusdatin@ppi.id. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.