Keuntungan yang Didapat dari Kuliah di Luar Negeri

  •   
  •   
priscilla-du-preez-XkKCui44iM0-unsplash.jpg

Kuliah di luar negeri tentunya adalah sebuah kebanggaan tersendiri karena dapat berkuliah di universitas-universitas yang berkelas internasional. Berkuliah di luar negeri juga pastinya mendapat dan belajar tentang banyak hal yang hanya didapat oleh mereka-mereka yang menjalaninya, apa sajakah itu? Berikut beberapa manfaat/keuntungan yang hanya diperoleh mahasiswa yang berkuliah di luar negeri.

  1. Terlatih menjadi lebih mandiri

Menjadi lebih mandiri adalah sesuatu yang hampir pasti terjadi kepada setiap mahasiswa yang berkuliah di luar negeri. Lingkungan, orang-orang serta suasana yang baru adalah yang paling mempengaruhi atas hal ini. Otomatis, mahasiswa yang melanjutkan kuliah di luar negeri pasti pergi jauh dari kampung halamannya, bertemu dan melanjutkan kegiatan sehari-harinya bersama dengan masyarakat serta lingkungan yang sangat baru bagi mereka, yang secara langsung menuntut kemandirian terhadap dirinya sendiri.

2. Penguasaan bahasa 

Karena bahasa pengantar di kampus dan negara tempat studi berbeda dengan bahasa ibu, bahasa adalah hal yang wajib dikuasai untuk memahami pelajaran dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, setiap mahasiswa yang berkuliah di luar negeri pastinya memiliki kemampuan berbahasa asing sesuai dengan negara dan pengantar di universitasnya.

3. Pengelolaan finansial

Dengan berkuliah di luar negeri, otomatis kita akan jauh dari kerabat dan orang tua yang sebelumnya selalu membiayai kehidupan kita secara langsung dan pastinya mengerti pengeluaran bulanan secara terperinci. Saat berkuliah di luar negeri, kita akan dituntut untuk mengelola keuangan yang diberikan, secara bulanan misalnya. Kita dituntut agar lebih cermat dalam mengkalkulasi pengeluaran secara mandiri karena lingkungan yang tentunya berbeda dengan kampung halaman kita.

4. Pengetahuan tentang negara tempat berkuliah

Factor yang sangat mempengaruhi akan hal ini adalah dengan menetapnya kita di negara tersebut. Pemahaman serta pengetahuan yang kita dapat tentu akan jauh lebih banyak dan mendalam dibanding saat kita mendapatkannya dari tulisan-tulisan maupun buku-buku. Dengan berkegiatan dan bersosialisasi secara langsung, mahasiswa internasional akan lebih mengerti tentang segala sesuatu di tempat mereka tinggal berkuliah.

5. Memperluas jaringan

Dengan bersosialisasi dengan teman dan masyarakat sekitar, tentunya ini menjadi sebuah nilai lebih, ditambah dengan pergaulan dan sosialisasi dengan mahasiswa internasional lainnya.  Dengan begitu, jaringan pertemanan yang terjalin akan menjadi lebih luas dan dengan kultur masyarakat yang berbeda juga. Bagi kalian yang sedang ataupun berminat menggeluti dunia bisnis, tentunya hal ini adalah pengalaman yang sangat berharga dan merupakan sebuah keuntungan tersendiri. 

Di atas adalah beberapa manfaat yang akan didapat oleh mahasiswa yang berkesempatan untuk melanjutkan studinya di luar negeri. Tentunya setiap orang akan memiliki pengalaman yang berbeda satu sama lain, namun secara keseluruhan, hal-hal diatas adalah yang biasa didapat saat berkuliah di luar negeri.

Jika terdapat kritik maupun saran dan bahkan masukan, kalian dapat menghubungi kami di pusdatin@ppi.id. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.