Sekolah di Luar Negeri? Inilah Dokumen Umum yang Harus Kita Miliki

  •   
  •   

Melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat perkuliahan adalah impian banyak orang. Apalagi melanjutkannya di universitas yang berlokasi di luar negeri, terlebih itu merupakan universitas yang telah diimpikan sejak lama. Sebelum membayangkan situasi perkuliahan di universitas impian, tentunya ada langkah-langkah yang harus dilakukan serta berkas-berkas yang harus disiapkan. Disini kami mencoba memberikan gambaran tentang berkas apa saja yang harus dipersiapkan sebelum dapat menikmati proses perkuliahan di universitas impian di luar negeri.

Paspor 

Paspor merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang ingin bepergian dari satu negara ke negara lainnya. Tidak mungkin bagi seseorang untuk dapat pergi keluar negeri tanpa memiliki paspor, terlebih bagi para calon mahasiswa luar negeri untuk melanjutkan pendidikannya. Maka dari itu, memiliki paspor adalah suatu kewajiban bagi mereka yang ingin menjadi “international student” sebelum dapat mewujudkan mimpinya.

Offer Letter/Letter of Acceptance (LOA)

Offer Letter atau Letter of Acceptance adalah surat tanda terima dari universitas tempat kalian mendaftar. Singkatnya, surat ini adalah tanda bahwa kalian sudah diterima untuk melanjutkan studi di universitas tersebut dan biasanya akan digunakan sebagai berkas yang diperlukan untuk mengurus pembuatan visa pelajar. Dengan mendapatkan surat ini, maka dapat dikatakan anda sudah resmi menjadi mahasiswa/pelajar di universitas yang mengeluarkan surat tersebut.

Visa Pelajar

Visa adalah sebuah dokumen tanda bukti untuk seseorang dapat memasuki sebuah negara dalam periode tertentu yang biasanya ditempel dalam bentuk stiker di dalam halaman paspor. Visa sendiri memiliki beberapa macam jenis, namun untuk melanjutkan pendidikan, visa yang diperlukan adalah visa pelajar. Untuk mendapatkannya, biasanya perlu untuk mengajukannya ke kedutaan negara terkait. Contohnya, jika melanjutkan studi di Amerika Serikat, maka pengajuan visa pelajar adalah melalui kedutaan besar Amerika Serikat. Visa pelajar biasanya berdurasi tahunan yang dapat berbeda-beda antara satu negara dengan lainnya.

Dokumen Penting Pribadi

Maksud dari dokumen penting pribadi adalah dokumen-dokumen yang terdapat informasi pribadi seperti ijazah sekolah, transkip nilai, asuransi kesehatan, dan sebagainya. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu dokumen tersebut diperlukan saat berada di negara tujuan.

Tiket Keberangkatan

Tentu saja tiket transportasi keberangkatan menuju ke negara tujuan perlu disiapkan. Yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan ini adalah, hari registrasi di universitas tempat kalian diterima ataupun hari pertama perkuliahan. Disarankan untuk tiba beberapa hari sebelum hari registrasi/mulai perkuliahan untuk mempersiapkan tempat tinggal selama proses studi. Beberapa lembaga beasiswa mungkin ada yang sudah mempersiapkan hal ini bagi para penerimanya, namun ada juga yang hanya menanggung biayanya. Jadi persiapkan sematang mungkin.

Sekian gambaran umum mengenai persiapan untuk kuliah di luar negeri. Bagi teman-teman yang masih punya pertanyaan atau punya saran dan kritik terhadap artikel ini, bisa menghubungi kami di pusdatin@ppi.id. Terima kasih sudah membaca dan tunggu artikel kami selanjutnya!

***

Penulis Pusat Informasi Kemahasiswaan PPI Dunia 2019/2020
Editor Zhafira Aqyla S. S., staf bidang Mass Media, Pusat Komunikasi, Pusat Media dan Komunikasi PPI Dunia 2019/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.