Mengulas Fakta Unik Finlandia | Living Abroad #1

  •   
  •   

Kita tahu bahwa banyak negara di dunia ini memiliki sejuta fakta menarik. Kali ini, kita ingin mengulas tentang bagaimana sih opini sebenarnya pelajar Indonesia yang sedang kuliah di berbagai negara di luar sana dan jauh lebih familiar dengan fakta-fakta unik kerap tersebar?

Melalui program kerja ‘Living Abroad’, tim Pusat Informasi Umum PPI Dunia 2019/2020 tiap bulannya akan membagikan fakta unik tentang sebuah negara yang dilengkapi dengan opini mahasiswa Indonesia di negara tersebut.

Setelah artikel tentang Brunei Darussalam kemarin, kali ini negara kita akan membahas Finlandia. Sumber opini yang terpapar di artikel ini adalah Kak Fasidah Alimuddin (Mahasiswa S2 Learning, Education, and Technology di Universitas Oulu) dan Kak Amila Pramianshar  (Alumni Global Management Innovation and Technology di Universitas Teknologi Lappeenranta).

  1. Karena letaknya di belahan utara dunia (dekat dengan wilayah Kutub Utara), iklim di Finlandia relatif selalu dingin.

Betul sekali, dibandingkan dengan Negara Indonesia, suhu udara di Finlandia relatif lebih dingin, terutama di Oulu yang letaknya di bagian utara Finlandia. Namun, summer heat juga terkadang menerjang Finlandia, sehingga suhunya bisa mencapai lebih dari 32oC. Terlebih lagi, sejak adanya global warming, suhu udara di Finlandia ketika musim dingin cenderung lebih ‘tinggi’ dari biasanya. Contohnya, suhu di bulan Januari umumnya berkisar -20oC sampai -30oC, tetapi sekarang hanya sampai -10oC. Jadi dampak pemanasan global amat sangat terasa di sini.

2. Dikenal sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Selain aspek otonomi belajar, banyaknya waktu untuk bermain dan mengasah keterampilan lainnya, budaya membaca di Finlandia juga meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Seperti yang kita tahu, buku adalah jendela dunia. Banyaknya jumlah perpustakaan, ketersediaan buku, dan fasilitas yang menunjang memudahkan akses bagi masyarakat Finlandia untuk mendapatkan berbagai macam buku bacaan. Proses peminjaman buku pun sangat mudah dan tidak dipungut biaya sepeser pun. Selain itu, budaya membaca sudah dibiasakan sejak dini. Tidak jarang kami temui anak-anak membaca buku di transportasi dan sarana umum lainnya. Maka dari itu, ayo teman-teman, kita biasakan budaya membaca untuk mengasah kemampuan otak kita.

3. Negara asal ponsel merek Nokia yang dulu sempat menjadi yang ter-hits di dunia.

Sampai sekarang pun merek Nokia masih terkenal. Sebenarnya, Nokia merupakan nama sebuah kota kecil di bagian tengah Finlandia. Selain itu, merek Nokia juga terkenal di Finlandia sebagai merek ban mobil dan sepeda. Terlebih lagi, games populer ‘Angry Bird’ juga berasal dari Negara Finlandia.

4. Memiliki tingkat kebahagiaan penduduk paling tinggi di dunia.

Fakta yang satu ini ada benarnya dalam segi work-life balance, kebebasan berekspresi, kualitas hidup, dan kebutuhan dasar yang terpenuhi, bahkan sejak sebelum lahir. Misalnya, sekolah dan kesehatan gratis, dana bantuan anak, serta cuti berbayar untuk para orang tua yang baru mempunyai bayi. Namun, belum tentu kebahagiaan itu berarti senyum dan gembira. Tingkat depresi di sini juga sangat tinggi, sangat kontradiktif bukan? Hal ini dikeranakan musim dingin yang gelap dan lama, sehingga kurangnya sinar matahari yang dapat mengurangi tingkat depresi kita.

5. Merupakan negara yang aman dengan tingkat kriminalitas yang rendah.

Barang berharga seperti telepon genggam dan dompet tidak akan hilang walaupun tertinggal di kendaraan umum atau hanya diletakkan sealakadarnya di perpustakaan. Walau ada kasus-kasus tertentu seperti, misalnya, sebuah sepeda mahasiswa yang dibongkar dan diambil beberapa parts-nya, kejadian ini sangat langka terjadi.

7. Sauna adalah bagian dari budaya orang Finlandia (Finns).

Setiap rumah pasti memiliki sauna. Salah satu kebiasaan yang lumayan aneh, yaitu mereka bersauna tanpa busana atau naked. Tentu ini sangat berbeda dengan budaya Indonesia, dimana kita masih mengenakan bathsuit atau swimsuit. Tapi jangan khawatir, karena pada umumnya, sauna dipisah menjadi khusus wanita dan khusus pria. Tapi, ini tidak mencoret fakta unik lainnya bahwa sauna campur juga ada loh!

8. Masyarakat Finlandia sangat menghargai personal space.

Orang-orang Finlandia lumayan pendiam dan tidak suka berbasa-basi. Tidak heran jika di transportasi umum tidak ada suara sama sekali. Meskipun mereka saling kenal, mereka tidak ngobrol dengan satu sama lain, kecuali benar-benar ada hal yang ingin diperbincangkan. Sangat berbeda dengan orang Indonesia yang gemar beramah-tamah bukan?

9. Merupakan bahasa tersulit di dunia.

Menurut mahasiswa Indonesia di sana, walaupun menantang, bahasa Finlandia masih bisa dipelajari. Tapi, memang tetap ada sedikit kesulitan dengan tulisan dan cara pengucapannya karena beberapa huruf tidak ada di bahasa-bahasa manapun. Misalnya seperti hyvää yötä yang berarti selamat malam.

10. Aurora atau Northern light dan Sinter Klas.

Kedua hal ini menjadi magnet bagi para wisatawan. Lapland d Rovaniemi adalah tempat paling strategis untuk menyaksikan keindahan aurora. Selain itu, di sana juga terdapat wisata Sinter Klas yang sangat ramai dengan turis-turis di bulan November sampai Januari dikarenakan musim dingin dan suasana natalnya.

11. Negara dengan prime minister yang termuda.

Dilansir dari The Guardian, Finlandia dipimpin oleh Perdana Menteri yang paling muda di dunia. Namanya adalah Sanna Marin. Wanita berusia 34 tahun ini bekerja melayani masyarakat Finlandia sejak dilantik pada tanggal 10 Desember 2019.

Berikut adalah fakta unik dari negara Finlandia yang sudah di proofread and approved oleh Kak Fasidah Alimuddin dan Kak Amila Pramianshar. Bagi yang ingin bertanya-tanya lebih lanjut, silakan langsung menghubungi staf Pusat Informasi Kemahasiswaan PPI Dunia 2019/2020. Semoga bermanfaat!

***

Penulis Pusat Informasi Kemahasiswaan PPI Dunia 2019/2020
Editor Zhafira Aqyla S. S., staf bidang Mass Media, Pusat Komunikasi, Pusat Media dan Komunikasi PPI Dunia 2019/2020

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.