PPI Brief no. 12 / 2019 : Tantangan dan Prospek Ekonomi Syariah di Indonesia

  •   
  •   

Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia menerbitkan PPI Brief No. 12, edisi Juli 2019. Policy Brief yang ditulis oleh Ahmad Zacky Makarim, Vinny Dwi Melliny, dan Muhammad Fadhil Habibie (Komisi Ekonomi PPI Dunia 2018/2019) ini berisi analisis dan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam ekonomi syariah. Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia belum mengoptimalkan industri dan ekonomi syariah di dalam negeri. Hal ini tergambar dari rendahnya indeks literasi dan inklusi keuangan syariah berdasarkan rilis OJK.

Secara historis jasa keuangan syariah sudah muncul di tahun 1990an. Namun, perkembangannya tidak sepesat di negara jiran, Malaysia, dan pangsa pasar perbankan syariah masih sekitar 5 persen. Penulis yang sedang menyelesaikan studinya di International Islamic University Malaysia dan Kobe University menyorot beberapa tantangan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia seperti adaptasi teknologi yang relatif lambat dan kualitas SDM yang masih perlu didukung dari penyediaan pendidikan ekonomi syariah yang berkualitas dan terstandardisasi, baik secara implementasi (practice) maupun pemahaman hukum syariah (principle).

Aktivitas berkaitan dengan ekonomi syariah tentunya tidak hanya terbatas pada pencegahan riba. Penulis menambahkan urgensi optimalisasi institusi riset khusus bidang ekonomi dan keuangan syariah (seperti Malaysia International Islamic Financial Centre dan International Centre for Education in Islamic Finance), diferensiasi produk perbankan syariah, dan revitalisasi manajemen wakaf. Selain itu, pemerintah juga perlu melihat dan mendorong ekspor produk halal sebagai sumber pemasukan negara, dimana Indonesia harusnya menjadi pemain utama bukan malah mengimpor banyak produk halal dari negara-negara tetangga.

Brief ini diharapkan memberikan pandangan umum terkait kondisi ekonomi syariah di Indonesia saat ini dan dapat memancing kepedulian para pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan untuk lebih taktis memanfaatkan pasar yang besar di dalam negeri.

Ahmad Zacky Makarim, Vinny Dwi Melliny, dan Muhammad Fadhil Habibie

Policy-Briefs12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.