PPI Brief no. 11 / 2019 : Ambisi Kedaulatan Pangan dan Tantangan Sektor Pertanian Indonesia

  •   
  •   

Swasembada pangan hanya samar-samar terdengar di negara yang dianugerahi kesuburah tanah, curah hujan, dan siraman cahaya matahari sepanjang tahun seperti Indonesia. Mengingatkan kembali kepada mimpi lawas itu, Pusat Kajian Gerakan PPI Dunia dan Komisi Ekonomi PPI Dunia 2018/2019 menerbitkan Policy Brief No. 11 (edisi Juli 2019) dengan judul “Ambisi Kedaulatan Pangan dan Tantangan Sektor Pertanian Indonesia”.

Dalam Policy Brief ini, Leonardus Meta Noven Hendranto mengulas landasan-landasan pemerintah mengambil impor beras, penurunan kinerja sektor pertanian dalam negeri, dan bagaimana petani-petani semakin hari semakin terpinggirkan dan jauh dari definisi sebuah mata pencaharian berkecukupan dan mulia.

Penulis yang baru saja menyelesaikan studinya di University of Calabria, Italia, ini berargumen bahwa faktor keterbatasan lahan dan rendahnya produktivitas lahan juga menjadi masalah yang perlu diselesaikan pemerintah. Menuju mimpi menjadi lumbung pangan dunia 2045, pemerintah perlu memberikan perhatian khusus untuk memercayakan ketersediaan pangan pada petani dalam negeri, mempromosikan kerjasama petani dan korporasi pangan, serta tetap menjaga keberagaman pangan yang sudah lazim di seantero Indonesia.

Policy Brief ini diharapkan bisa menjadi pengingat bahwa pemerintah seharusnya berpihak pada petani jika ingin berdaulat dalam pangan dan mewujudkan mimpi menjadi lumbung pangan dunia di 2045.

Leonardus Meta Noven Hendranto

Policy-Briefs11

1 Response

  1. rose says:

    The writer who recently completed his studies at the University of Calabria,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.